Ternyata Ini yang Paling Dibutuhkan Remaja jika sedang Punya Masalah

Ternyata Ini yang Paling Dibutuhkan Remaja jika sedang Punya Masalah

Pola asuh remaja (Foto: Huffingtonpost)

DIMARAHI guru, dibohongi teman, cinta ditolak, atau uang jajan kurang, adalah sekelumit masalah yang dianggap pelik bagi remaja. Sebetulnya, mudah saja bagi orangtua menyelamatkan anak-anaknya dari masalah sepele tersebut.

Akan tetapi, bukan jalan instan yang dibutuhkan remaja. Mereka butuh pertolongan bijak yang dapat mengantarkan mereka menjadi pribadi yang bijaksana pula. Psikolog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana menyarankan kepada remaja untuk bercerita kepada orangtua. Karena itu merupakan cara yang tepat untuk belajar dari masalah yang dihadapi.

“Mereka perlu diberi arahan dan dibukakan cara pandangnya terhadap suatu masalah. Bukan dengan cara menggurui,” ungkap Vera kepada Okezone, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Psikolog jebolan Universitas Indonesia ini menganjurkan agar orangtua memberikan beberapa solusi berikut risikonya agar anak belajar mengambil keputusan dan mempertanggungjawabkannya.

“Solusi dari setiap masalah itu tidak cuma satu. Begitu pula pada masalah yang dihadapi anak. Biarkan mereka mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari beberapa pilihan solusi. Sehingga, dia akan menjadi pribadi yang bijaksana di kemudian hari,” tutupnya.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 3: Sahabat Berkhianat? Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan!

TOP FAMILY 3: Sahabat Berkhianat? Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan!