AYAM BAKAR: Lebih Enak Bakar Ayam dengan Arang Kayu atau Arang Kelapa?

AYAM BAKAR: Lebih Enak Bakar Ayam dengan Arang Kayu atau Arang Kelapa?

Ayam bakar paling enak (Foto: Sobeys)

SEMUA pasti setuju, makan terasa nikmat saat semua keluarga atau kerabat berkumpul di atas meja sambil menikmati sajian ayam bakar. Lalu seperti apa ayam bakar yang enak?

Tetapi perlu diketahui bahwa ayam bakar yang enak itu tak lekang dari proses pembuatannya lho. Selain bumbu, efek asap yang dihasilkan saat proses pembakaran membuat lidah kian bergoyang saat menyantapnya.

Namun, proses pembakaran seperti apakah yang menjamin kelezatan si ayam bakar? Chef Febrian Wicaksono beranggapan, membakar dengan arang batok kelapa justru jauh lebih direkomendasikan untuk memasak ayam bakar.

"Lebih enak pakai arang, apalagi arang batok kelapa. Bedanya kalau batok kelapa asapnya beda dari kayu-kayu yang lain dan lebih aman juga," ujar pria yang biasa disapa Chef Brian itu kepada Okezone di komplek Perkantoran MNC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 17 Oktober 2016.

Chef Brian menilai, penggunaan arang dari batok kelapa bisa dinilai lebih aman dibandingkan penggunaan arang kayu. Jika dilihat dari asal muasal arang kayu itu sendiri, yakni dari bahan 'bekas pakai' justru bisa memanifestasi rasa dan kandungan ayam itu sendiri.

"Proses pembuatan arang sendiri kan sekarang banyak yang dari limbah-limbah kayu. Maksudnya limbah itu bekas bangunan, bekas kursi. Kalau dari bekas kursi atau jendela kan ada cat dan zat kimia yang masuk ke dalam (ayam)," jelas Chef Brian lagi, Runner up MasterChef Indonesia Season 3 itu.

Bagi Anda yang ingin memasak ayam bakar, Chef Brian sangat menyarankan pembakaran dengan batok kelapa ketimbang arang kayu. Selain aman, sensasi efek asap dari ayam bakar lebih terasa alami dan jauh lebih enak dibandingkan arang kayu.

(ndr)
  • techno user nenek gaul
    nenek gaul • 2bulan lalu
    Memasak bahan makanan dengan arang memang beda rasanya. Ini salah satu tips yang ingin memasak ayam bakar dengan arang. Arang dari batok kelapa memang lebih bersih dari kayu. Tetapi tergantung masing-masing orang cara membakarnya.
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London