AYAM BAKAR: Tips agar Bumbu Ayam Bakar Bisa Meresap Sempurna

AYAM BAKAR: Tips agar Bumbu Ayam Bakar Bisa Meresap Sempurna

Tips agar bumbu ayam meresap sempurna (Foto: Romaparadiso)

SALAH satu kunci kelezatan ayam bakar, terletak pada bumbunya. Ada pun keempukan dari ayam bakar menjadi poin selanjutnya yang menjadi faktor kenikmatan hidangan itu sendiri.

Menurut Chef Febrian Wicaksono, lezatnya ayam bakar dinilai dari segi rasa dan bumbunya yang pas di lidah.

"Ayam bakar yang enak menurut saya itu, bumbunya pas, dari segi rasa. Misalnya ayam bakar Jawa, manisnya pas, gurihnya pas. Bumbunya bisa merasuk dalam ayamnya," ucap pria yang biasa disapa Chef Brian kepada Okezone, di Komplek Perkantoran MNC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pada proses pembuatan ayam bakar, biasanya ayam diungkep terlebih dahulu sebelum dimasak di atas bara api. Sensasi legit yang didapatkan dari ayam bakar adalah proses pembakarannya.

"Untuk cara pembakarannya enggak terlalu gosong banget. Karena sebenarnya ayam bakar itu sudah matang, kita mencari efek smokey-nya itu saja sih," tambah Runner up MasterChef Indonesia (MCI) itu.

Lalu, bagaimana cara memasak ayam bakar, sehingga lumuran bumbu bisa sempurna meresap ke dalam ayam?

"Agar bumbu merasuk ke dalam, waktu ayamnya masih mentah, kita ungkep dulu dengan bumbu. Waktu ungkepnya itu cukup dengan api kecil saja, jangan dengan api besar sampai mendidih. Karena teksturnya bisa hancur. dan belum tentu bisa meresap," jelasnya.

Menurutnya, metode ini bisa membantu peresapan bumbu dalam ayam itu sendiri sebelum dibakar. Tak hanya itu, jenis ayam pun memiliki cara berbeda saat diungkep, terutama dari segi durasinya.

"Kalau untuk ayam negeri, slow cooking bisa setengah jam sampai 45 menit. Sedangkan ayam kampung, sekira satu jam minimal dengan api kecil," tukasnya.

(ndr)

Baca Juga

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London