UNIK: 5 Fakta Unik Seputar Cupcakes, Cari Tahu Yuk

UNIK: 5 Fakta Unik Seputar Cupcakes, Cari Tahu Yuk

Fakta unik seputar cupcakes (Foto:Thedailymeal)

SIAPA yang tahu berapa banyak cupcakes yang dimakan di Amerika sepanjang tahun 2012? Jumlahnya cukup mencengangkan, kurang lebih sebanyak 770.000.000 cupcakes dimakan hanya di Amerika Serikat saja. Tenyata kue mungil ini banyak menarik perhatian dan banyak penggemarnya.

Mungkin Anda salah satu penggemarnya, jangan hanya menyantap saja tapi cari tahu yuk apa saja fakta unik seputar cupcakes. Dilansir dari GourmetGiftBasket, Senin (18/10/2016), berikut lima fakta unik seputar cupcakes. Bertepatan juga dengan hari cupcakes nasional di Amerika, berikut lima faktanya.

Secangkir kue

Istilah cupcakes pertama kali digunakan pada akhir abad ke-19 untuk seluruh jenis kue yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang diukur menggunakan cangkir teh. Resep pound cake tradisional cukup mudah diingat, bahannya juga tidak banyak karena hanya terdiri dari 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung dan 4 butir telur. Awalnya juga cupcakes dipanggang dalam cangkir tanah liat karena dahulu belum ada loyang cupcakes seperti saat ini.

Peminat cupcakes

Setidaknya ada 13 persen pasangan pengantin yang menyajikan cupcakes pada pesta pernikahan mereka. Pengantin ini sama sekali tidak tertarik dengan kue pengantin yang mewah dan lebih memilih cupcakes. Kue mungil ini bisa disusun jadi kue pengantin yang menakjubkan bahkan dengan cara yang lebih mudah dibanding membuat kue pengantin. Banyak sumber inspirasi susunan cupcakes salah satunya bisa dicari lewat Pintrest.

Cupcakes adalah kue peri

Di Inggris cupcakes disebut dengan fairy cake atau kue peri yang bagian atas kuenya dihias dengan glaze icing. Cupcake di Inggris juga dibuat dari adonan sponge cake yang lebih ringan dibanding butter cake. Kue peri adalah cupcakes yang bagian atasnya dipotong kemudian dibentuk seperti dua sayap. Kue ini juga disebut kupu-kupu cupcakes.

Cupcake paling populer di dunia

Cupcakes dari toko The Hostess bisa dikatakan cupcakes paling populer di dunia. Awalnya cupcakes dibuat pada 1950-an. Dalam satu kali pemanggangan cupcakes hanya memakan waktu 17 menit dan dalam sehari ada ribuan cupcakes yang diproduksi. Oven di toko ini bahkan bisa memanggang 11 ribu cupcakes dalam satu jam. Dan dari data yang diperoleh, toko ini menjual 600 juta cupcakes setiap tahunnya.

Cupcake terbesar di dunia

Tepatnya pada 15 Agustus 2009, sebuah cupcakes terbesar berhasil memecahkan rekor dunia. Sebuah cupcakes dengan berat 1224 pound, setinggi 4 kaki atau setara 555 kilogram dan tinggi 1,2 meter berhasil dibuat. Cupcakes raksasa ini memiliki jumlah kalori yang mencengangkan karena mengandung 2 juta kalori.

(ndr)

Baca Juga

<i>Wah</i>, Agrowisata Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Lampung <i>Lho</i>!

Wah, Agrowisata Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Lampung Lho!