TOP FOOD: Ajak Lidah Berpetualang Cicipi Olahan Telur Lezat Mancanegara Ini

TOP FOOD: Ajak Lidah Berpetualang Cicipi Olahan Telur Lezat Mancanegara Ini

Telur (Foto: shutterstock)

SECARA universal, sajian berbahan telur jadi makanan harian masyarakat. Orang umumnya hanya mengenal telur dadar, telur mata sapi atau telur rebus padahal di berbagai negara di belahan dunia punya hidangan khas berbahan dasar telur. Beberapa diantaranya bahkan sudah mendunia dan jadi favorit banyak orang.

Dilansir dari TheDailyMeal, Selasa (18/10/2016) berikut lima olahan telur di berbagai negara yang kepopulerannya sudah mendunia. Mungkin salah satunya juga jadi favorit Anda atau justru jadi makanan ekstrem yang tak pernah mau Anda sentuh.

Balut, Filipina

Olahan telur yang satu ini sangat familiar di Filipina, tapi juga sekaligus jadi kontroversi bagi beberapa orang. Balut adalah olahan telur bebek yang didalamnya sudah menjadi embrio bayi bebek karena sudah mengalami setengah proses pengeraman. Telur berisi embrio bebek ini diolah dengan cara direbus dan disantap langsung dari cangkangnya. Beberapa orang menganggap balut punya rasa yang sangat lezat, makanan ini biasa dijajakan sebagai makanan kaki lima.

Century Egg, Cina

Telur yang satu ini disebut century egg atau telur seabad tapi tidak sesuai namanya, telur ini tidak diolah atau disimpan selama seabad. Untuk membuat century egg ini, telur harus didiamkan selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Telur didiamkan dalam balutan tanah liat, abu, garam, kapur dan sekam padi hingga telur terfermentasi. Tidak hanya rasa yang berubah menjadi asin, telur ini juga memiliki warna coklat dan bertekstur seperti agar-agar.

Egg benedict

Banyak yang memperdebatkan asal dari olahan telur yang populer di banyak negara ini. Hidangan telur klasik ini populer disajikan di New York. Awalnya egg Benedict disajikan bersama muffin panggang, bacon dan disiram dengan saus hollandaise. Sekarang egg benedict banyak dipadukan dengan banyak olahan makanan.

Omelet Prancis

Jika mengklaim telur dadar pertama kali dibuat dimana pastinya tidak akan adil, pasalnya hidangan ini sangat universal. Orang dari manapun mengolah telur dadar sebagai makanan yang siap santap. Tapi di Prancis ada telur dadar khas karena telur dikocok sebelum digoreng, lalu dimasak selama beberapa saat dan dengan perlahan digulung kemudian diangkat. Omelet prancis ini memiliki tekstur sangat lembut bahkan tanpa efek tekstur crunchy sama sekali, warna telur juga tidak menjadi kecoklatan.

Frittata, Italia

Hidangan telur asal Italia ini sangat menggoda, karena dalam campuran telur terdapat banyak bahan campuran. Telur dipadukan dengan sayuran, daging, keju bahkan pasta, kemudian dimasak dalam wajan hingga matang. Tekstur lembut dan rasa yang gurih menjadikan frittata sebagai makanan kebanggaan masyarakat Italia.

(hth)

Baca Juga

TOP FOOD: Berhenti Kuliah Kedokteran Pria Ini Pilih Jadi Koki Spesialis Masakan Berbahan Ganja

TOP FOOD: Berhenti Kuliah Kedokteran Pria Ini Pilih Jadi Koki Spesialis Masakan Berbahan Ganja