EKSPEDISI KERINCI: Mengenal Sosok Yudha yang Namanya Diabadikan di Gunung Kerinci

EKSPEDISI KERINCI: Mengenal Sosok Yudha yang Namanya Diabadikan di Gunung Kerinci

Seorang Pendaki Gunung Kerinci Berdoa di Tugu Yudha (foto: Instagram/hk_photograph)

TUGU Yudha tentu sudah dikenal oleh mereka yang telah mendaki Gunung Kerinci. Nama tugu tersebut juga mungkin pernah didengar oleh para pendaki yang belum berkesempatan menapaki kaki di Atap Sumatera tersebut. Lalu, sebenarnya apa atau siapa itu Yudha?

Tugu Yudha ternyata adalah sebuah tugu dengan plakat yang dibuat untuk mengenang seorang pendaki muda yang hilang di tengah perjalanan. Dalam plakat tugu tersebut tertulis ‘Tempat berpisahnya saudara kami YUDHA SENTIKA, 23 Juni 1990'.

"Pada saat itu Yudha Sentika baru berusia 17 tahun merupakan siswa penggiat alam yang terpisah dengan teman-temannya ketika turun dari Puncak Kerinci saat itu, kabut tebal menyelimuti perjalanan mereka di area ini Yudha terpisah menghilang, jasadnya pun tidak diketemukan sampai saat ini,” tulis salah seorang pendaki Kerinci di media sosial Instagramnya, @alfarabie91.

Tugu tersebut terkenal di kalangan pendaki Gunung Kerinci, karena sering dijadikan sebagai patokan jarak sebelum ke puncak Gunung Kerinci, Puncak Indrapura.

“Tugu Yudha, 30 menit sebelum mencapai Puncak Indrapura, yaitu puncak dari Gunung Kerinci. Setidaknya dengan tugu ini kita akan mengingat kembali arti sebuah hidup, betapa kecilnya kita dan berani menghadapi yang tanda tanya,” tulis Yanuar Chandra pemilik akun @sang_legendaris sambil mengutip kata-kata pecinta alam dan aktivis mahasiswa legendaris, Soe Hok Gie.

Begitu pentingnya pelajaran yang diberikan secara tidak tersurat oleh Yudha, membuat para pendaki selalu berusaha menghormati dan mendoakan Yudha, yang lahir pada 5 Februari 1973 tersebut.

“Sampai saat ini, kisah sosok Yudha dianggap sebagai guru bagi para pendaki. Sahabat yang pergi sebelum pesta usai, ‘Each fresh peak ascenden teaches something’” ujar Al Farabie. “Abadilah kawan bersama edelweiss dan cantigi di lereng-lereng kerinci,” pesan Yanuar. (Baca Juga: EKSPEDISI KERINCI: Tim Okezone Siap Menjejakkan Kaki di Puncak Gunung Kerinci)

(fid)

Baca Juga

Pengalaman Menjelajah Pulau Terujung Barat Indonesia

Pengalaman Menjelajah Pulau Terujung Barat Indonesia