Fakta Unik yang Belum Diketahui Tentang Bali

Fakta Unik yang Belum Diketahui Tentang Bali

Fakta Unik Tentang Bali (foto: Dimas/Okezone)

BALI merupakan salah satu destinasi populer yang sampai saat ini masih menjadi favorit wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Keindahan alam serta keunikan budayanya menjadi daya tarik utama bagi pulau yang mendapat julukan Island of Gods.

Namun tahukah Anda, bahwa terdapat beberapa fakta unik yang masih belum diketahui banyak orang tentang pulau tersebut.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Wayan, salah seorang agen tour kepada Okezone, di Ubud, Bali, Rabu (19/10/2016).

Kain Poleng

Anda mungkin sering melihat kain bermotif hitam putih seperti papan catur yang melekat di berbagai pohon besar. Kain tersebut sering disebut kain poleng. Kain ini sudah menjadi identitas Bali dan sering digunakan untuk hal-hal yang sakral.

"Masyarakat Bali menganggap pohon-pohon besar itu dihuni oleh makhluk-makhluk dalam tanda kutip makhluk halus. Mereka diibaratkan seperti makhluk hidup yang harus diperlakukan seperti layaknya manusia. Ini hal sakral," tuturnya.

Banten

Banten merupakan salah satu bentuk jadi dari sesajen yang kerap diletakkan di depan rumah penduduk lokal Bali. Dalam kepercayaan Hindu, benda ini diyakini dapat menolak bala.

"Peletakkan banten itu istilahnya seperti 'ngasih makan'. Jadi jangan sampai makhluk-makhluk yang membawa malapetaka masuk ke dalam rumah," jelasnya.

Ogoh-ogoh

Kebanyakan wisatawan sering bertanya-tanya apa makna dari pembakaran ogoh-ogoh saat menjelang Hari Raya Nyepi. Tradisi ini ternyata memiliki makna tersendiri.

"Ogoh-ogoh itu simbol Bhuta-Kala atau bentuk-bentuk jahat. Biasanya diarak dan dibakar sebelum Hari Raya Nyepi. Kegiatan ini dipercaya dapat menghilangkan sifat-sifat jahat yang ada di diri manusia," pungkas Wayan.

(fid)

Baca Juga

<i>Yuk</i> Main ke Kuburan Romawi Kuno di Turki

Yuk Main ke Kuburan Romawi Kuno di Turki