Mau ke Liburan ke Thailand Pahami Dulu Peraturan Ini

Mau ke Liburan ke Thailand Pahami Dulu Peraturan Ini

Masyarakat Thailand Berduka Cita atas Wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej (Foto: Reuters/Edgar SU)

SEJAK meninggalnya raja Thailand Bhumibol Adulyadej, pemerintah setempat memberlakukan bulan berduka yang jatuh setiap Oktober pada tahun-tahun mendatang.

Dan, sudah dipastikan kamu sebagai turis juga harus menuruti peraturan. Misalnya saja dengan memakai baju hitam kemudian menutup bagian lengan dan kaki, dikarenakan hal ini sangat sensitif untuk orang Thailand.

Namun, masih ada lagi peraturan yang harus ditaati untuk menghargai Raja dengan sebutan Thailand's lèse majesté laws. Apakah itu?

Sebagaimana dikutip dari Telegraph, Rabu (19/10/2016), hukum itu merupakan peraturan yang diberatkan bagi siapapun yang melanggar.

Keluarga kerajaan di Thailand memegang kekuasaan tertinggi di masyarakat, hukum ini dibuat untuk melindungi para anggota sesepuh yang sudah tiada atau dijahati.

Hukum tersebut dibuat tahun 1908, dengan dakwaan jika seseorang melanggar hukum maka ia harus masuk penjara selama 15 tahun. Dan hukum ini berlaku untuk siapa saja termasuk keluarga monarki sendiri.

Sangat serius, polisi juga akan mengivestigasi bagi mereka yang melanggar hukum yang berlaku untuk menghormati raja atau ratu mereka.

(fid)

Baca Juga

Meski Indah, Tempat-Tempat Ini Mengancam Nyawa ketika Didatangi

Meski Indah, Tempat-Tempat Ini Mengancam Nyawa ketika Didatangi