EKSPEDISI KERINCI: Mungkinkah Mendaki Gunung Kerinci Selama Dua Hari Semalam?

EKSPEDISI KERINCI: Mungkinkah Mendaki Gunung Kerinci Selama Dua Hari Semalam?

Gunung Kerinci (foto: Wikipedia)

PARA pecinta ketinggian yang ingin mendaki Gunung Kerinci sangat mungkin untuk menyelesaikan pendakian dalam waktu dua hari semalam. Asalkan fisik dan mental sudah siap untuk menghajar puncak di ketinggian 3805 MDPL dalam semalam.

Menghabiskan satu malam di Gunung Kerinci saja setelah naik dan turun juga memungkinkan bagi pendaki yang tidak pergi bersama banyak rombongan. Dengan beberapa teman yang dapat dipercaya dan mengikuti prosedur pendakian yang benar, misi tersebut dapat dilakukan.

Lalu bagaimana caranya agar pendaki dapat mengejal dua hari satu malam di Gunung Kerinci? Berikut itinerary yang dikumpulkan Okezone dari berbagai sumber.

Hari pertama

Dari basecamp, pendaki harus menuju Pintu Rimba terlebih dulu dengan berjalan kaki atau naik angkot yang tersedia. Berangkat pada pukul 07.00 pagi sudah cukup aman untuk mengejar Pos 1 yang bisa dicapai sekitar pukup 10 pagi. Dari Pos 1, pendaki harus bisa mengejar waktu sampai Pos 3 sekitar dua jam dari Pos 1.

Setelah istirahat siang, pendakian dapat dilanjutkan menuju Shelter 1. Target aman untuk bisa melanjutkan puncak di pagi harinya adalah harus mencapai Shelter 3. Jika terkejar, pendaki bisa sampai di Shelter 3 sekitar jam delapan malam.

Setelah itu pendaki bisa mendirikan tenda, makan, dan jangan lupa persiapkan waktu tidur singkat yang nyaman sebelum melakukan perjalan kembali ke puncak dini hari.

Hari kedua

Summit attack dapat dilakukan mulai dari pukul dua sampai tiga pagi. Perjalanan normal sampai di puncak adalah lima sampai enam jam. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengejar pemandangan matahari terbit di puncak jika kondisi cuaca atau fisik tidak terlalu baik.

Perlahan atau pasti, puncak dapat dicapai dan dinikmati keindahannya di pagi hari. Kemudian, sebelum terlalu panas, pendaki dapat turun kembali menuju Shelter 3 pada pukul delapan pagi. Setelah makan dan berkemas, Pintu Rimba dapat lebih cepat dicapai yaitu sekitar enam sampai tujuh jam.

(fid)

Baca Juga

Pengalaman Menjelajah Pulau Terujung Barat Indonesia

Pengalaman Menjelajah Pulau Terujung Barat Indonesia