5 Tips Mencegah Penyakit Jantung bagi Wanita Menopause

5 Tips Mencegah Penyakit Jantung bagi Wanita Menopause

Ilustrasi (Foto: Essentialoilsanctuary)

FASE menopause membuat wanita rentan menderita penyakit tidak menular. Salah satunya yakni penyakit jantung yang harus dihindari faktor risikonya. Bagaimana caranya?

Dewan International Menopause Society Dr Duru Shah menyarankan beberapa tips tentang cara mencegah penyakit jantung bagi wanita menopause. Berikut ini ulasannya, dikutip Zeenews, Selasa (18/10/2016).

Jauhi rokok

Rokok merupakan benda mematikan bagi manusia. Secara diam-diam, rokok dapat menggerogoti tubuh Anda, khusus bagi perokok aktif. Aliran darah Anda dapat tersumbat oleh lemak akibat merokok. Begitu juga bagi Anda yang menjadi perokok pasif, sudahi kebiasaan mendekati lingkungan para perokok agar Anda tidak terkena imbasnya.

Latihan aerobik

Setiap wanita disarankan untuk melakukan latihan aerobik teratur minimal 30 menit sehari. Sedikitnya, Anda melakukan olahraga itu sebanyak lima kali per minggu. Cara ini membuat tubuh tetap aktif bergerak, dan semua penyakit menjauh dari tubuh Anda perlahan-lahan.

Diet sehat

Wanita menopause harus mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak. Masukkan menu kaya serat dari biji-bijian, buah dan sayuran. Makan lima porsi buah dan sayuran sehari, mengurangi risiko sekitar 25 persen terhadap penyakit jantung.

Kendalikan berat badan

Wanita obesitas di saat pra-menopause berpotensi mengalami penyakit jantung. Maka, kendalikan berat badan agar menjaga tekanan darah lebih rendah dan mengurangi risiko timbunan lemak di dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol.

Stres menjadi pemicu akibat tingginya kolesterol. Inilah yang memicu wanita menopause menderita penyakit jantung lebih cepat. Berusahalah hidup tenang dan bahagia agar tidak memicu stres dalam kehidupan Anda.

Selain itu, hindari makanan dengan kadar gula, garam dan lemak yang tinggi untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

(hel)

Baca Juga

TOP HEALTH 3: Trik Membelai Miss V dengan Sensasi Berbeda

TOP HEALTH 3: Trik Membelai Miss V dengan Sensasi Berbeda