Masyarakat Indonesia Sudah Kecanduan Makanan Karbohidrat?

Masyarakat Indonesia Sudah Kecanduan Makanan Karbohidrat?

Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SALAH satu contoh food addiction atau kecanduan makanan ternyata dialami masyarakat Indonesia. Kebanyakan rentan mengalami kecanduan terhadap karbohidrat.

Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Tanah Air dalam bersantap. Sejak pagi hingga malam hari, makanan yang dikonsumsi tak lepas dari karbohidrat.

"Lihat saja dari menu sarapan yang biasa dimakan seperti bubur ayam, ketoprak semua karbo. Makan siang juga kita makan nasi, pakai bihun dan sambal goreng kentang. Makanan ringan juga begitu, dimasak pakai tepung, contohnya bakwan, cireng yang semuanya karbohidrat," jelas Pakar Diet dan Pengamat Gaya Hidup, Dr. Grace Judio-Kahl, MSc di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Potensi kecanduan pada karbohidrat yang dialami semakin parah jika ada kecenderungan "belum kenyang sebelum makan nasi" yang padahal baru saja makan mi, kentang, roti dan makanan berkarbohidrat lainnya.

"Karbohidrat itu punya faktor tidak mengenyangkan. Jadi seseorang akan cenderung makan dalam jumlah banyak sampai perut terasa penuh. Hal seperti ini yang membuat perut buncit karena tidak semua karbo dicerna sampai menimbun di perut," tambahnya.

Jika hal tersebut terus berlanjut dan tidak segera diatasi maka dampaknya dapat menyebabkan obesitas. Tak hanya itu, mengonsumsi karbohidrat berlebih juga dapat memicu konsumsi makanan olahan lain yang tinggi lemak, garam serta gula.

Potensi akan pola makan tidak sehat tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, hingga diabetes.

"Kalau bisa makan karbohidrat secukupnya dan tidak berlebihan karena dampaknya memicu penyakit lain," pungkasnya.

(hel)
  • techno user dynot
    dynot • 2bulan lalu
    Iya, lebih bagus konsumsi karbo diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya. Jadi kalau sekali makan bukan yang kandungannya karbo saja :D
    Beri Tanggapan
  • techno user sri handayani
    sri handayani • 2bulan lalu
    ia juga ya jadi selama ini yang diet kecanduan karbo ya. bagus sih buat tenaga tapi lebih bagus lagi kalau seimbang
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia