Adjie Notonegoro, Menjadi Desainer Harus Mengenyam Pendidikan!

Adjie Notonegoro, Menjadi Desainer Harus Mengenyam Pendidikan!

Adjie Notonegoro (foto: Okezone)

PROFESI perancang busana kini sudah tak bisa diremehkan lagi. Jika dulu boleh saja orangtua melarang anaknya untuk tak mengambil jalan hidup ini karena dinilai bukan profesi yang menjanjikan.

Akan tetapi bisa dilihat sendiri, kian hari dunia fesyen kian bergulir menunjukkan geliat yang menjanjikan untuk topangan hidup. Bahkan bisa menjadikan seseorang lebih mandiri dengan membuat satu lini busana sendiri, memproduksi dan mempunyai beberapa pekerja. Bukankah itu yang diinginkan?

Ini pula yang membuat hati seorang desainer senior yang namanya sudah malang melintang di dunia fesyen Indonesia, Adjie Notonegoro tergugah. Dirinya kini memang sedang "adem ayem" dan belum mengeluarkan koleksi terbaru, namun ternyata pria asalJawa ini sedang sibuk menjadi tenaga pengajar di sebuah institusi pendidikan khusus desain busana.

Alasannya sederhana, ditemui Okezone di malam showcase rancangan anak didiknya di kawasan Jakarta Selatan, Adjie mengemukakan tak ingin ilmunya sia-sia.

"Saya punya talenta, saya punya ilmu dan saya juga punya usia. Ya, usia akan terus berjalan dan semua orang ada masanya. Lantas mengapa tidak saya ada talenta dan ilmu enggak dibagi dengan yang lain? Saya tidak ingin keep itu sendiri dan saya juga ingin mencetak the next Indonesian desainer dari tangan saya sendiri," tegasnya.

Berbicara mengenai anak didiknya, menurut Adjie walau bagaimana pun seseorang memiliki bakat alami atau bisa belajar sendiri, pendidikan harus tetap dienyam oleh seorang desainer.

"Persaingan akan terus bergulir, apa lagi dalam dunia fesyen, kita harus tahu teknik, bahan, potongan, sampai manajemen waktu dan pemasaran, seorang desainer pemula harus mau belajar hal tersebut. Makanya penting untuk sekolah, biar tahu bagaimana menjahit, tahu serat kainnya dan yang pasti bisa menggambar untuk menuangkan ide-idenya," jelas paman dari Ivan Gunawan ini.

Selain itu, Adjie menekankan pada desainer pemula untuk tidak mengikuti pasar.

"Jadi sendiri aja, jangan karena ada desainer yang sedang laku dengan rancangan seperti ini, lantas mengikuti. Yang benar adalah buat pasar Anda sendiri dan jangan menjiplak," pungkasnya.

(SLV)

Baca Juga

Impikan Pernikahan <i>Outdoor</i>? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Impikan Pernikahan Outdoor? Perhatikan Hal Berikut Ini!