Bedah Isi Banh Mi, Sandwich ala Vietnam yang Pakai Roti Perancis

Bedah Isi Banh Mi, Sandwich ala Vietnam yang Pakai Roti Perancis

Sandwich khas Vietnam, banh mi (Foto:Cntraveler)

MENDENGAR kuliner Vietnam pasti tak jauh dari setangkup banh mi atau sandwich vietnam dan pho yang dikenal sebagai suguhan mi dari Vietnam. Meski tampilan banh mi serupa dengan sandwich lainnya, tapi isiannya jelas berbeda. Apa saja isinya? Yuk kita bedah bersama.

Memasuki area restoran Vietnam dan mengintip daftar menunya sudah pasti Anda akan disambut dengan deretan menu banh mi. Ya, menu ini seolah jadi kuliner andalan Vietnam. Makanan berupa roti isi ini memang sebuah sandwich ala Vietnam yang mendapat pengaruh besar dari Perancis

Seporsi banh mi terdiri dari french baguette yang dibelah dua melintang tanpa putus kemudian diisi dengan berbagai sayuran dan daging. Jika ditelisik satu per satu isinya ada irisan mentimun, acar pickles, wortel, green pepaya, daun ketumbar dan daging.

Chef Nam Quoc Nguyen dari Vietnam mengatakan banh mi asli makanan Vietnam tapi mendapat pengaruh besar dari Prancis karena Vietnam punya sejarah panjang tentang perang dan penjajahan Prancis. "Di sini terlihat jelas dari french baguette yang digunakan. Roti ini makanan pokok di Prancis tapi di Vietnam dikombinasikan dengan selera lokal sehingga jadi satu paduan yang khas," jelas Chef Nam.

Banh mi memiliki berbagai varian yang dibedakan sesuai dengan isian dagingnya antara lain sapi, ayam dan babi. Di negara asalnya banh mi babi jadi yang favorit, tapi di Indonesia justru agak sulit menemukan banh mi yang disajikan dengan pork.

(ndr)

Baca Juga

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London

Restoran "Ayam Goreng" Khusus Vegan Pertama Dibuka di London