2 TAHUN JOKOWI-JK: Rendang, Kopi, Martabak sampai Soto Menggebrak Dunia!

2 TAHUN JOKOWI-JK: Rendang, Kopi, Martabak sampai Soto Menggebrak Dunia!

Tumpeng kuliner khas Indonesia (Foto:Weloveindonesia)

UPAYA menduniakan kuliner Nusantara tidak pernah berhenti, bahkan terus digalakkan. Begitu pun selama pemerintahaan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Baik bersama dengan pemerintah, mendapat dukungan pemerintah, dukungan sebuah perusahaan atau inisiatif sendiri, semua pelaku dan praktisi kuliner, atau bahkan pencinta kuliner berlomba-lomba membawa kuliner khas Indonesia melaju ke dunia Internasional agar semakin dikenal.

Bernaung dibawah event yang bertaraf internasional, kuliner Indonesia mencoba memanjakan lidah sekaligus menyampaikan informasi sejarah kuliner itu sendiri ke masyarakat dunia.

Okezone merangkumkan kuliner khas Indonesia apa saja yang berhasil melelehkan lidah masyarakat dunia.

Ayam taliwang, sate maranggi, iga panggang khas Bali dan martabak pizza

Indonesia tidak pernah ketinggalan mengikuti ajang kuliner kaki lima atau street food berskala internasional, yakni World Street Food Congress. Selain membahas dunia kuliner dan kemajuannya, yang paling ditunggu-tunggu yaitu mencicipi aneka kuliner jajanan kaki lima dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Misalnya pada WSFC 2016 yang digelar pada April 2016 di Manila, Philipina. Sebanyak 4 usaha kuliner tradisional yang diboyong ke sana. Yakni ayam taliwang dari Ayam Taliwang Bersaudara, sate maranggi dari gerai Hajjah Yetty, bali bbq ribs dari Warung Sunset, dan martabak pizza dari Markobar.

(Foto:Pinterest)

Bahkan untuk ayam taliwang, ini adalah kali kedua keikut sertaannya, menyusul yang sebelumnya di Singapura (2015) berhasil memuaskan selera pengunjung akan sajian ayam panggang yang pedas.

Sate maranggi khas Purwakarta yang baru pertama kali mengikuti ajang WSFC bahkan disebut pakar kuliner William Wongso sebagai kuliner Indonesia yang mampu menggegerkan masyarakat Philipina.

"Sate maranggi Purwakarta menggegerkan selera masyrakat Filipin dlm...,' tulis William Wongso dalam caption foto yang diunggah di Instagramnya, williamwongso.

(Foto:Tripadvisor)

Martabak ala pizza menjadi camilan manis yang paling digandrungi belakangan lalu, bahkan hingga sekarang. Jika dulu martabak dilipat dua, martabak pizza dibiarkan terbuka layaknya pizza. Setelah menjadi makanan favorit di Tanah Air, martabak pun diboyong ke dunia internasional.

Gerai yang mendapat kesempatan adalah Markobar atau Martabak Kotta Barat asal Solo yang merupakan usaha milik Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Mereka membawa menu unggulan dan juga favorit pecinta kuliner yakni martabak delapan rasa dan premium, yakni martabak manis yang menghadirkan beragam topping yang sangat menarik.

(Foto:Markobar)

(ndr)
1 / 5

Baca Juga

<i>Wah</i>, Agrowisata Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Lampung <i>Lho</i>!

Wah, Agrowisata Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Lampung Lho!