Awas, Jangan Pesan 4 Makanan saat Bersantap di Restoran China

Awas, Jangan Pesan 4 Makanan saat Bersantap di Restoran China

Crab rangoon, kuliner khas China (Foto: Shutterstock)

MAKANAN khas Tiongkok punya cita rasa yang bisa diterima hampir semua orang. Paduan antara sumber protein dan berbagai saus khas menghasilkan masakan yang seolah sayang untuk ditinggalkan. Tapi tenyata tidak semua chinnese food patut dicoba lho, ada beberapa yang justru sebaiknya dihindari.

Ragam yang banyak membuat masakan cina selalu punya daftar menu yang tersusun berbaris setiap kali kita mengintip buku menu. Dilansir dari Mashed, Kamis (20/10/2016), berikut chinnese food yang sebaiknya tidak Anda pesan ketika bertandang ke restoran china.

Ayam Jendral Tso

Jendral Tso adalah seorang tentara Tiongkok pada abad ke-19, tapi hidangan ini baru hadir saat jendral sudah lama meninggal. Ayam Jendral Tso mulai menjadi hidangan ala China Hunanese yang memiliki rasa khas tradisional dan sama sekali tidak ada unsur rasa manis. Sampai pada saat Peng Chang Kuei membuka restoran di New York dan menambahkan banyak gula pada resep ayam Jendral Tso untuk menarik banyak pelanggan orang Amerika. Ini yang kemudian menjadi populer, ayam dengan balutan saus kental yang punya cita rasa sangat manis. Hidangan ini tidak direkomendasikan karena rasa manis gula terlalu mendominasi rasa, selain itu hidangan manis juga tidak baik untuk kesehatan.

Nasi goreng

Nasi goreng memang bukan hanya ada di Tionghoa, yang membedakannya adalah cita rasa khas. Nasi goreng ala Tionghoa diolah dengan menggunakan nasi putih yang dicampur berbagai bumbu serta saus yang kuat akan cita rasa oriental. Rasanya memang menarik tapi dalam seporsi nasi goreng, Anda hanya akan mendapatakan kandungan karbohidrat. Belum lagi gula yang tinggi dalam nasi putih, sebagai solusi ganti nasi putih dengan nasi coklat dan tambahkan dengan berbagai jenis sayuran di dalamnya.

Ayam asam manis

Ayam asam manis bukanlah makanan khas China tapi saus asam manis merupakan salah saus khasnya. Saus ini biasa disandingkan bersama hidangan ikan bukan ayam. Penyajiannya juga bukan dicampurkan bersama bahan baku melainkan disajikan secara terpisah dan disantap dengan cara dicocol. Jadi ketika ada menu ayam asam manis dan ikan asam manis, sebaiknya Anda pilih yang ikan.

Kepiting Rangoon

Kepiting Rangoon atau krim keju wontons atau lumpia kepiting adalah makanan lain yang juga sebaiknya tidak Anda santap di restoran China. Makanan ini termasuk satu snack yang berukuran kecil serta biasa dijadikan menu camilan. Adonan daging kepiting yang terbalut dalam kulit pangsit membuatnya tidak terlihat dan banyak pedagang yang berlaku curang. Bahan baku makanan ini adalah daging kepiting dan keju yang merupakan dua makanan dengan harga tinggi, pedangang biasanya menyiasati dengan daging kepiting tiruan dan keju yang berkualtas tidak bagus.

(ndr)

Baca Juga

Demi Lindungi Generasi Muda, <i>Coffee Shop</i> Tertua di Amsterdam Ditutup

Demi Lindungi Generasi Muda, Coffee Shop Tertua di Amsterdam Ditutup