Yuk, Cari Tahu Sejarah Singkat Brunch

Yuk, Cari Tahu Sejarah Singkat Brunch

Kenali sejarah brunch (Foto:Shutterstock)

ISTILAH brunch sudah familiar layaknya waktu makan utama, tapi tahukah Anda brunch ternyata ditemukan secara tidak sengaja. Dulu orang menyantap menu brunch yang selalu berupa waffle Belgia, kini menu brunch lebih variatif dan banyak jenisnya.

Brunch merupakan waktu makan yang sudah populer bahkan di seluruh dunia, tapi tahukah Anda bagaimana awal mula istilah ini muncul? Dilansir dari Mashed, Rabu (19/10/2016) berikut sejarah singkat yang menjelaskan tentang brunch.

Kapan pertama kali disebut brunch?

Kata brunch berasal dari gabungan dua kata yakni breakfast dan lunch. Brunch pertama kali digunakan pada tahun 1895 oleh seorang penulis asal Inggris bernama Guy Beringer. Pria ini adalah seorang penulis di media cetak Hunter Weekly yang pernah menulis artikel berjudul “Brunch : A Plea” dan beberapa tulisan serupa yang menyatakan brunch adalah kegiatan makana yang menyenangkan. Tulisan Beringer semakin lama semakin diminati dan jadi populer pada 1896 dan mulai tersebar hingga Amerika pada tahun 1920-an.

Seperti apa menu brunch pertama?

(Shutterstock)

Tidak tercatat dengan pasti, menu brunch pertama yang disajikan tapi banyak yang mengatakan menu brunch yang tesaji adalah beragam makanan. Banyak yang mengatakan menu brunch di awal-awal kemunculannya adalah sama dengan menu sarapan yang ditambah daging, telur, buah-buahan dan dessert manis. Menu ini biasanya disantap masyarakat yang terlambat menyantap menu sarapan.

Apa brunch selalu mengandung alkohol?

(Foto:Shutterstock)

Pada 1920, brunch hanya disantap orang-orang kelas atas. Karena hanya orang berkelas yang bisa berkeliaran sesuka hati ketika masyarakat tengah sibuk bekerja di pagi menjelang siang hari. Pada 1930-an ditemukan buku masak yang memuat resep menu brunch yang mengandung alkohol untuk tamu laki-laki tapi dalam bentuk mocktail. Tapi pada 1950-an kebiasaan minum mocktail saat brunch mulai berkurang karena terpengaruh perang dunia ke-2. Hal ini yang kemudian perlahan membuat alkohol jadi menghilang dari menu brunch. Sebagai pengganti alkohol, minuman brunch lebih banyak disajikan dalam bentuk jus buah yang justru terkenal lebih menyehatkan.

Brunch saat ini

Awal eksistensi brunch hingga populer ke berbagai negara ada di tahun 1980-an dimana brunch disajikan di banyak tempat dan disantap semua kalanganusia dan latar belakang profesi. Menu paling populer adalah egg Benedict yang merupakan sajian brunch di New York City, meskipun kadang hidangan lokal juga jadi makanan andalan. Sementara di Atlanta, brunch banyak menyajikan menu ayam goreng dengan biskuit buttermilk. Selain itu di Las Vegas memiliki menu brunch yang lebih mewah karena disajikan berbagai menu yang wah seperti lobster, kepiting kaki jumbo dan berbagai jenis tiram.

(ndr)

Baca Juga

 Resep Nasi Goreng Cumi Tom Yam untuk Santapan Makan Malam

Resep Nasi Goreng Cumi Tom Yam untuk Santapan Makan Malam