Pernahkah Membayangkan Pesawat yang Anda Naiki Diterbangkan Robot

Pernahkah Membayangkan Pesawat yang Anda Naiki Diterbangkan Robot

Ilustrasi Robot Diuji Coba Menjadi Pilot (foto: Reuters)

BAYANGKAN jika Pilot dari pesawat yang Anda naiki diterbangkan oleh robot? Mungkin ini merupakah hal yang keren dan dapat membuat Anda kagum.

Kini hal itu bukan lagi sekadar mimpi, karena pemerintah Amerika Serikat berkolborasi dengan industri untuk mencari progam yang bisa menggantikan peran manusia menjadi pilot pesawat. Nantinya robot akan menjadi pendamping pilot yang tidak pernah lelah, bosan, atau stres.

Progam ini dinaungi oleh Defense Advanced Research Academy Agency yang sudah terkenal mengembangkan teknologi dan membuat kontraktor pribadi.

Ide untuk membuat robot yang dapat mengerjakan tugas seorang pilot, terutama dalam kasus darurat, dan situasi yang tidak memungkinkan untuk berpikir.

Hal ini tentu saja akan membantu maskapai penerbangan yang selama ini melatih pilot. Sehingga robot ini akan memudahkan mereka untuk terbang dengan aman dan nyaman.

"Ini akan meningkatkan otonomi dan bagaimana manusia dan robot bekerja sama untuk memberikan hasil terbaik," jelas John Langford, sebagai direktur Aurora sebagaimana dikutip dari Stuff Rabu (19/10/2016).

Sebagai demonstrasi, teknologi ini akan diuji coba di bandara kecil, dengan menggunakan robot berbahan metal, dan tangan yang sudah terpaku di kendali pesawat.

(fid)

Baca Juga

Akhiri Permusuhan di Danau Dendam Tak Sudah

Akhiri Permusuhan di Danau Dendam Tak Sudah