2 TAHUN JOKOWI-JK: Jumlah Wisman ke Indonesia Cetak Rekor Tertinggi

2 TAHUN JOKOWI-JK: Jumlah Wisman ke Indonesia Cetak Rekor Tertinggi

Ilustrasi Wisatawan Mancanegara Datang ke Indonesia (foto: Ist)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hampir genap dua tahun menjabat sebagai pemimpin di negeri ini. Berbagai program disiapkan guna mendongkrak sektor pariwisata, sehingga jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air terus meningkat.

Pemerintah juga terus mendorong tiga program guna meningkatkan sektor pariwisata. Seperti program pemasaran guna menarik perhatian wisman; penataan akses, atraksi, dan daerah wisata untuk memudahkan kunjungan; serta pematangan sumber daya manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan memenuhi standar internasional.

Adanya program-program tersebut membuat lapangan pekerjaan di sektor pariwisata akan semakin bertambah di Indonesia, mendatangkan devisa dari wisman, dan memberikan kontribusi ke produk domestik bruto (PDB).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Agustus 2016, tercatat kunjungan wisman ke Indonesia naik 13,19 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya, yaitu dari 911,7 ribu kunjungan menjadi 1,03 juta kunjungan.

"Capain wisman sebanyak 1,03 juta merupakan yang tertinggi dan pertama kali terjadi. Selama satu bulan jumlah wisman mencapai 1 juta," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Sasmito Hadi Wibowo di Kantor BPS Pusat, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sasmito melanjutkan, peningkatan wisman hingga 1 juta kunjungan disebabkan adanya kampanye pariwisata hingga adanya atraksi pada destinasi-destinasi wisata di Juli 2016.

Selain itu, menurut Sasmito, peningkatan terjadi karena di beberapa negara tengah memasuki musim dingin. Misalnya seperti di Australia, wisman dari sana mungkin mencari kondisi negara yang tengah memasuki musim panas, seperti Indonesia.

(fid)

Baca Juga

Rekomendasi Perjalanan ke Asia Tenggara Naik Kapal Pesiar di 2017

Rekomendasi Perjalanan ke Asia Tenggara Naik Kapal Pesiar di 2017