Atasi Jet Lag dengan 7 Cara Ini

Atasi Jet Lag dengan 7 Cara Ini

Jet lag (Foto: Motto time)

DARI berbagai macam penyakit yang sering dialami para traveler, jet lag adalah penyakit yang paling sering dan umum dialami.

Jet lag adalah reaksi fisik yang berhubungan dengan perubahan zona waktu. Ini adalah reaksi yang umum dialami para traveler termasuk mereka yang sudah biasa terbang seperti pramugari dan pilot. Gejala yang biasa muncul adalah disorientasi, mudah marah, insomnia, pegal, mata kering, sakit kepala, pencernaan yang tak normal dan tidak enak badan secara general. Sangking umumnya, berbagai produk mengatasi jet lag bisa ditemui. Nah, tujuh cara ini bisa jadi alternatif lain untuk mengatsi jet lag.

Konsumsi Vitamin D dan B

Vitamin B-12 adalah cara alami untuk membuat tubuh tetap waspada dan berenergi tanpa efek samping seperti saat Anda minum minuman energi. Sedangkan vitamin D adalah suplemen alami yang mempunyai kaitan erat dengan level melatonin di tubuh, hormon yang dapat membantu tubuh untuk tidur. Mengonsumsi dua vitamin ini akan meminimalisir kemungkinan Anda terkena jet lag.

Hindari Kafein dan Alkohol

Meminum kopi atau alkohol adalah reflek pertama yang Anda lakukan ketika kelelahan. Namun nyatanya, 2 hal ini adalah stimulan yang akan mendorong timbulnya gejala jet lag, keduanya juga dapat membuat Anda dehidrasi yang akan membuat jet lag Anda semakin parah.

Hidrasi

Penerbangan yang panjang akan membuat tubuh menjadi kaku dan lelah serta dehidrasi. Minum banyak air sebelum, selama dan setelah terbang untuk mengalihkan gejala jet lag Anda dengan cepat.

Temukan Cahaya

Ini mungkin adalah cara paling efektif untuk mengatasi rasa lelah di badan. Jet lag terjadi saat ritme circadian Anda berantakan yang akan membuat Anda menjadi lelah. Memanipulasi exposure cahaya dapat membantu Anda mereset siklus tubuh. Kurangi cahaya artifisial dan tingkatkan cahaya alami menghangatkan tubuh Anda. Cahaya alami tak hanya akan memberikan vitamin D pada tubuh, namun siklus circadian Anda juga akan kembali berjalan dan menyesuaikan.

Stretching

Traveling bisa jadi membuat stress dan jet lag akan membuatnya lebih buruk. Sesi yoga singkat dapat membantu Anda rileks dan membuat level energi kembali naik. Praktikkan beberapa gerakan yoga ringan di kamar hotel Anda saat jet lag menyerang.

Jus

Nutrisi pada tubuh dapat menyegarkan dan menghidrasi Anda kembali. Sebagai bonus, sistem imun juga akan meningkat! Tak perlu lagi khawatir dengan kuman-kuman yang bisa Anda dapatkan selama perjalanan!

Melatonin

Mengonsumsi suplemen alami untuk meningkatkan Melatonin dalam tubuh bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak yang merupakan kunci mengatasi jet lag. Minum suplemen ini setengah jam sebelum tidur untuk membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan time zone di daerah yang baru Anda datangi.

(tty)

Baca Juga

Akhiri Permusuhan di Danau Dendam Tak Sudah

Akhiri Permusuhan di Danau Dendam Tak Sudah