Minuman Soda Memperlancar Haid, Mitos atau Fakta?

Minuman Soda Memperlancar Haid, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ANGGAPAN mengenai minuman soda dan haid cukup santer terdengar. Terlebih pada manfaat minuman soda sebagai pelancar haid. Mitos atau fakta?

Haid atau menstruasi merupakan proses luruhnya lapisan dinding rahim dan sel telur yang mengandung pembuluh darah ketika tidak ada proses pembuahan. Kondisi ini lumrah terjadi pada wanita normal dan umumnya berlangsung 3-10 hari meski setiap wanita punya siklus haid berbeda.

Penyebab haid terlambat dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti faktor hormonal, penurunan berat badan drastis, stres hingga efek samping dari penggunaan obat-obatan dalam jangka tertentu.

Kebanyakan wanita Indonesia mengatasi haid tidak lancar dengan konsumsi minuman soda dalam jumlah banyak. Meski tidak jelas asal usulnya, tapi hal tersebut diyakini dan seakan jadi rahasia umum dalam mengatasi terlambat datang bulan. Lantas bagaimana kaitannya jika dilihat dari kacamata medis?

Disampaikan Dr. Grace Judio-Kahl, pakar nutrisi dan pengamat gaya hidup. Perihal minuman soda sebagai pelancar haid tidak ada hubungannya sama sekali.

"Menstruasi lalu minum minuman bersoda tidak ada hubungannya sebagai peluruh atau pembersih haid," ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 18 Oktober 2016.

Lanjutnya, hal-hal yang bersifat sebagai peluruh darah haid justru ada pada nanas dan bukan minuman soda. Namun masih dianggap rancu karena objek penelitian tersebut dilakukan pada tikus, bukan manusia.

"Pada manusia belum ada penelitiannya. Tapi pada tikus kontraksi aborsi bisa terjadi setelah makan nanas dan ada takaran tertentu dalam mengonsumsinya," ucap Dr. Grace.

Diketahui, nanas mengandung senyawa yang disebut bromelin. Efek dari senyawa itu sama seperti papain yang ada pada daun pepaya.

Kedua zat ini sifatnya memecah protein dan itu salah satu alasan dibalik daging empuk jika dibalur nanas dan daun pepaya.

Kembali ke topik awal yang disebutkan bahwa minuman soda berkhasiat mengatasi haid dapat dikatakan mitos.

"Minuman soda sebagai pelancar haid bisa dibilang mitos. Untuk nanas sebagai pelancar haid masih perlu penelitian lebih lanjut, tapi memang ada potensi ke arah sana," pungkasnya.

(hel)

Baca Juga

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur