6 Hal yang Dirasakan Wanita 40 Hari Setelah Melahirkan

6 Hal yang Dirasakan Wanita 40 Hari Setelah Melahirkan

Ilustrasi (Foto: Verywell)

TUGAS wanita belum usai setelah melahirkan. Apalagi dalam waktu 40 hari, ada banyak tugas yang harus dipelajari dalam merawat bayi.

Tapi Anda jangan sampai terlalu lelah dan terbengkalai untuk mengurus diri. Karena ada banyak hal yang Anda rasakan setelah 40 hari melahirkan sebagai berikut.

Rahim pulih dalam waktu enam minggu

Rahim Anda memerlukan minimal enam minggu untuk kembali pulih, terurama dari ukuran dan bentuk. Tapi terkadang Anda merasakan kontraksi tiba-tiba di saat menyusui. 

Otot kembali normal

Hampir semua bagian otot tubuh menjadi kaku ketika hamil. Di saat 40 hari setelah melahirkan, semuanya akan kembali normal karena tidak ada beban lagi di dalam tubuh.

Kehilangan darah

Saat wanita melewati proses persalinan normal, tentunya banyak kehilangan darah. Tapi setelah 40 hari setelah melahirkan, kondisi akan memulih dan tubuh terlihat lebih bugar.

Payudara terasa kencang

Payudara Anda mungkin merasa sedikit berat karena memproduksi ASI. Namun, Anda tak perlu khawatir dan berikan ASI kepada bayi dengan teratur agar tidak terjadi mastitis.

Untuk mengatasi lelah saat belajar mengurus bayi, Anda harus melakukan dua hal berikut ini.

Makan yang tepat

Moms, Anda juga harus benar-benar mengatur waktu untuk mengurus bayi, suami dan diri sendiri. Jangan sampai Anda jatuh sakit karena terlalu lelah. Intinya atur pola makan yang tepat, dengan asupan kaya serat dan vitamin.

Mengelola jam tidur

Anda harus mengatur jam tidur agar tidak terbengkalai. Jika si kecil tidur, sebaiknya Anda ikut tidur di sampingnya. Karena di malam hari, Anda dituntut untuk begadang untuk menjaga dan merawatnya.

(hel)

Baca Juga

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur