Makanan Alternatif Sehat bagi Penderita Diabetes

Makanan Alternatif Sehat bagi Penderita Diabetes

Diet sehat untuk pasien diabetes (Foto: Prevention)

PENDERITA diabetes punya aturan ketat dalam konsumsi makanan. Jika tidak dipatuhi, kadar gula dalam darah bisa meningkat drastis bahkan dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Karenanya penting untuk diterapkan pola makan sehat bagi pengidap diabetes. Salah satunya dengan konsumsi makanan alternatif yang indeks glikemiknya rendah. Apa saja? Berikut pemaparan selengkapnya seperti disampaikan pakar gizi dan pengamat gaya hidup, Dr. Grace Judio-Kahl di Jakarta.

Karbohidrat dengan glikemik rendah

Kondisi yang bisa memperburuk kesehatan pengidap diabetes adalah kenaikan gula darah dalam waktu cepat dan penurunan gula darah secara drastis.

Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan konsumsi karbohidrat yang lama dicerna agar kenaikan gula darah dapat terkontrol. Misalnya beras merah, beras basmati, oat atau roti yang kaya serat.

Buah

Pengidap diabetes juga tidak disarankan konsumsi buah yang mengandung indeks glikemik tinggi. Seperti nanas, melon, semangka dan mangga yang sebaiknya dihindari.

"Untuk buah seperti apel, belimbing, stroberi dan jeruk itu tidak masalah," ungkapnya.

Sayuran

Perlu diketahui, bagi pengidap diabetes konsumsi sayuran sebenarnya tidak dibatasi. Namun lebih kepada cara mengolah sayuran tersebut. Pasalnya indeks glikemik sayur bisa tinggi ketika salah diolah. Misalnya saja kentang dan wortel.

(hel)

Baca Juga

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi