Besok Dunia Peringati Hari Osteoporosis, Sudah Sayangi Tulangmu?

Besok Dunia Peringati Hari Osteoporosis, Sudah Sayangi Tulangmu?

Ilustrasi (Foto: Verywell)

HARI Osteoporosis Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 20 Oktober. Tujuan diperingatinya Hari Osteoporosis Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran sekaligus memberikan tips pencegahan penyakit tulang ini.

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang sering mempengaruhi perempuan, meskipun tak jarang laki-laki juga. Osteoporosis biasanya terjadi di usia dewasa tua, yakni setelah 40 tahun.

Terjadinya osteoporosis ditandai dengan hilangnya massa tulang yang membuatnya lemah dan rapuh. Hal ini akan meningkatkan risiko mengalami patah tulang dan berpotensi menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kekuatan tulang Anda. Di antaranya adalah berolahraga, makan makanan kaya kalsium, dan mendapatkan vitamin D cukup yang mudah diserap melalui paparan sinar matahari.

Dengan kata lain, sebenarnya mencegah osteoporosis hampir serupa penyakit lain, menerapkan pola makan sehat, terutama kalsium dan berolahraga teratur. Kini, tinggal bagaimana upaya Anda dalam mencegah osteporosis datang lebih cepat. Dikutip dari Belmarrahealth, Rabu (19/10/2016).

(hel)

Baca Juga

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia