Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Karbohidrat

Langkah Jitu Mengatasi Kecanduan Karbohidrat

Ilustrasi (Foto: Sheknows)

TANPA disadari masyarakat Indonesia rentan mengalami pola makan tidak sehat yang disebut kecanduan karbohidrat. Hal ini terjadi karena faktor kebiasaan dan pola bersantap yang tak lepas dari kandungan karbohidrat berlebih.

Misalnya saja makan satu piring nasi dengan lauk bihun, sambal goreng kentang, bakwan dan lauk lainnya yang mengandung karbohidrat.

Dampak terparah ketika mengalami kecanduan karbohidrat adalah adanya kecenderungan rasa lapar dan ketidakpuasan hingga merasa "belum kenyang kalau tidak makan nasi". Kondisi seperti ini yang memicu risiko penyakit akibat pola makan tidak sehat seperti perut buncit, diabetes, jantung dan stroke.

Untuk mengatasinya, bukan dengan menghilangkan karbohidrat dari pola makan sehari-hari. Tapi seimbangkan karbohidrat dengan makanan bernutrisi lainnya.

Simak ulasan berikut ini, langkah jitu atasi kecanduan karbohidrat seperti disampaikan Dr. Grace Judio-Kahl, pakar gizi dan pengamat gaya hidup di Jakarta, belum lama ini;

Lakukan body scanning

Metode ini dilakukan dengan mencari letak dari kecenderungan konsumsi sesuatu dan menanyakan diri sendiri mengenai apa yang sebenarnya diinginkan tubuh terhadap makanan.

Apakah makanan itu hanya sekadar diinginkan mata (lapar mata), hidung, mulut atau perut (lapar). Dengan menganalisa bagaimana dan dari mana keinginan makan sesuatu itu timbul. Kita dapat berpikir apakah hasrat mengonsumsi sesuatu hanya faktor keinginan atau memang benar-benar dibutuhkan tubuh.

"Cari tahu apa yang membuat kita ingin makan sesuatu. Kalau hanya lapar mata lebih baik tahan. Makan itu fungsinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan bukan untuk kepuasan lain," katanya.

Pilih sumber karbohidrat lain yang lebih sehat

Jika ada sumber karbohidrat lain yang lebih baik mengapa tidak pilih makanan tersebut. Sebagai konsumen kita juga harus lebih cermat dalam memilih makanan.

Misalnya saja sumber karbohidrat yang lebih kaya serat atau indeks glikemiknya rendah seperti nasi merah. Quinoa yang rasanya mirip nasi juga bisa jadi alternatif karbohidrat yang lebih sehat. Atau pada tepung untuk camilan juga dapat ditambah serat.

"Kecanduan karbohidrat bisa diatasi dengan konsumsi karbohidrat yang tidak sekadar jadi energi tapi juga punya nutrisi lain yang lebih bermanfaat," jelas Dr. Grace.

Makan dengan porsi sesuai

Pernah dengar piramida pola makan sehat? Pola makan ini dapat diterapkan jika mengalami kecanduan karbohidrat.

Pola makan sehat dapat diartikan dengan pola bersantap dengan nutrisi seimbang. Dalam satu porsi minimal terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sekali santap.

"Tidak cuma makanan utama. Untuk makanan pembuka, camilan sampai hidangan penutup lebih baik pilih makanan dengan nutrisi seimbang. Jadi contohnya bukan cuma makan roti pakai selai," ucapnya.

(hel)

Baca Juga

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi