Thermo-Scanner, Pemutus Penyakit Menular dari Luar Negeri ke Indonesia

Thermo-Scanner, Pemutus Penyakit Menular dari Luar Negeri ke Indonesia

Thermal scanner di Bandara Ngurah Rai Bali (Foto: Theguardian)

SEIRING dengan meningkatnya jumlah wisatawan dari dalam dan luar negeri. Membuat risiko penyebaran penyakit menular semakin besar.

Hal ini seakan jadi kekhawatiran tersendiri bagi Kementerian Kesehatan RI dalam mencegah dan menganggulangi wabah penyakit menular yang berasal dari negara lain di Indonesia. Karenanya perlu ada langkah jitu yang dapat meminimalisir tingkat penyebaran penyakit menular tersebut.

Salah satunya dengan langkah deteksi awal melalui pintu masuk wisatawan. Seperti di pelabuhan dan bandara yang notabene sebagai pintu masuk wisatawan.

"Itulah mengapa di pelabuhan dan bandara ada thermo-scanner atau alat deteksi suhu tubuh," ungkap Dr Siswanto, Kepala Balitbangkes Kementerian RI di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Seperti diketahui, umumnya gejala seseorang ketika tertular virus penyakit ditandai dengan naiknya suhu tubuh. Melalui thermo-scanner, mereka yang diduga terjangkit virus tersebut akan terlihat jelas.

Alat ini berupa kamera mirip seperti kamera pengintai yang dipasang pada bagian atap di pintu masuk bandara atau pelabuhan. Fungsinya adalah mendeteksi suhu tubuh di atas panas normal tubuh.

Jika sudah demikian, wisatawan akan segera diperiksa oleh petugas untuk ditelaah lebih lanjut mengenai penyebab dari naiknya suhu tubuh yang diderita.

"Alat ini cukup membantu mencegah penyakit bawaan," pungkasnya.

(hel)

Baca Juga

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam