Cegah DBD Mewabah, Pemerintah Andalkan Tenaga Kesehatan di Daerah

Cegah DBD Mewabah, Pemerintah Andalkan Tenaga Kesehatan di Daerah

Ilustrasi (Foto: Stemgenex)

MUSIM hujan tiba! Masyarakat harus waspada dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk.

Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek memang tidak dapat menjangkau langsung ke seluruh pelosok wilayah untuk mencegah DBD. Menurut dia, tim medis yang ditugaskan ke daerah harus bisa mengajarkan masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Kita kirim tim medis di daerah bermasalah kesehatan. Di sana mereka harus mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat," ujarnya saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Oktober 2016.

Pun, salah satu hal paling penting dalam mencegah DBD yakni menjaga kebersihan. Misalnya adalah masyarakat dapat mencegah perkembangbiakan sarang nyamuk di lingkungan sekitar.

Menkes memanfaatkan tim medis yang tergabung dalam Nusantara Sehat untuk mencegah penyakit itu, seperti membuat jebakan sarang nyamuk.

"Salah satu yang penting kebersihan untuk mencegah sarang nyamuk. Kita coba buat trap dari botol plastik yang dibalik, lalu diisi saringan yang ditutup dengan plastik hitam," tambahnya.

Jebakan sederhana itu dapat dipasang di setiap rumah. Terutama diletakkan di tempat yang terdapat genangan air di sekitar lingkungan Anda.

(hel)

Baca Juga

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi