Indonesia Harus Terus Waspadai Virus Mematikan, Ebola dan MERS CoV

Indonesia Harus Terus Waspadai Virus Mematikan, Ebola dan MERS CoV

Ilustrasi (Foto: Themalayonline)

VIRUS ebola dan MERS CoV kerap jadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia. Pasalnya tak hanya mudah menular tapi juga menyebabkan kematian.

Kedua virus tersebut sempat merebak di kawasan Afrika dan Timur Tengah sejak tiga tahun lalu. Karena di Indonesia punya aktivitas tahunan berkunjung ke negara-negara tersebut (umroh dan haji) maka keberadaan terjangkit virus ebola dan MERS-CoV perlu diwaspadai.

"Penyakit dari luar sampai sekarang yang masih terkait dan terbilang darurat itu ebola dan MERS-Cov," ucap Dr Siswanto, Kepala Balitbangkes Kementerian RI di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Seperti diketahui, sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat mengatasi dua penyakit akibat virus tersebut. Karenanya, Pemerintah RI berupaya melakukan pencegahan ketat guna meminimalisir penyebaran virus melalui wisatawan yang baru pulang dari Afrika, Arab dan kawasan Timur Tengah lainnya.

Misalnya dengan thermo-scanner yang ada di setiap gerbang pintu masuk wisatawan, seperti bandara atau pelabuhan di berbagai daerah di Tanah Air.

Tim medis bersiap untuk memberikan langkah dan penanganan tepat untuk si penderita jika diduga terpapar virus sepulang dari negara yang diduga sumber pengakit. Kemudian, segera dicegah penyebarannya dengan mengisolasi pasien hingga dapat dipastikan aman.

"Potensi penyebaran kedua virus ini di Indonesia memang cukup besar. Karena setiap tahun kita ada umroh dan haji. Tapi langkah pencegahan selalu diterapkan. Apalagi kalau sudah batuk dan tubuhnya panas, pasti langsung disterilisasi," tutupnya.

(hel)

Baca Juga

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi

Rutin Berhubungan Seks Memperlancar Siklus Menstruasi