Atasi Gejala Menopause dengan 8 Cara Ini

Atasi Gejala Menopause dengan 8 Cara Ini

Tidur cukup (Foto: Shutterstock)

ANDA mengalami gejala menopause? Tenang saja. Ada banyak cara untuk mengatasinya. Berikut ini penjelasan dari dr. Theresia Rina Yunita.

Kebanyakan wanita yang mengalami menopause akan mengeluhkan beberapa gejala. Salah satunya rasa kepanasan yang muncul secara tiba-tiba dan menyebar ke seluruh tubuh, biasanya disertai kemerahan dan keluarnya keringat. Gejala lainnya yaitu gangguan tidur, mood swing, kelelahan, sensitif, nyeri otot dan sendi, dan sebagainya.

Gejala tersebut dapat menimbulkan masalah dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Berikut ini delapan kiat untuk mengatasi gejala menopause yang dapat Anda lakukan:

1. Tidur cukup

Tidur yang cukup minimal 7-9 jam sehari akan membantu mengurangi gangguan tidur, mood swing, serta sakit kepala. Beberapa wanita terkadang juga mengalami rasa panas di seluruh tubuh, sehingga kesulitan tidur. Karena itu, hindari tidur di siang hari agar tidak terjaga pada malam harinya.

2. Hindari minuman berkafein dan beralkohol

Mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol akan membuat Anda tidak mengantuk pada malam hari. Di samping itu, minuman berkafein dan beralkohol juga dapat memicu rasa panas semakin hebat.

3. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu tebal

Jangan mengenakan pakaian yang berlapis-lapis atau yang berbahan poliester, karena akan memperberat rasa panas. Sebaliknya, gunakan pakaian yang tipis, nyaman, atau berbahan katun. Udara juga sangat berperan penting. Jadi, hindari keluar di siang hari atau berada di ruangan yang panas tanpa kipas angin atau pendingin ruangan.

4. Konsumsi makanan bergizi

Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Susu kedelai juga bagus karena mengandung estrogen alami yang dibutuhkan tubuh. Perlu diketahui bahwa estrogen berkurang saat wanita mengalami menopause sehingga dibutuhkan asupan dari luar. Singkirkan makanan yang terlalu manis, berminyak, dan mengandung lemak jenuh. Makanan yang pedas sebaiknya juga dihindari karena akan memicu timbulnya rasa panas pada tubuh.

5. Jaga berat badan tetap ideal

Mengurangi berat badan dapat membantu mengatasi keluhan menopause, seperti rasa panas akibat tumpukan lemak di tubuh.

6. Gunakan lubrikan saat berhubungan seksual

Untuk mencegah nyeri, pilihlah lubrikan yang berbahan dasar air saat berhubungan intim. Anda juga dapat menggunakan pelembap vagina untuk menjaga organ kewanitaan lebih lembap.

7. Olahraga rutin

Olahraga aerobik, yoga, jogging, dan berenang dipercaya mampu mengatasi gejala menopause.

8. Obat-obatan

Untuk mengatasi gejala menopause, beberapa terapi dan obat-obatan yang dapat diberikan oleh dokter adalah terapi hormon, vaginal estrogen, antidepresan, dan gabapentin.

Jangan sampai gejala menopause yang Anda alami mengganggu aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba!

(tty)

Baca Juga

Tiga Kunci Mencegah Diabetes di Usia Muda

Tiga Kunci Mencegah Diabetes di Usia Muda