Mataram Siapkan Layanan Kesehatan Daring RSUD

Mataram Siapkan Layanan Kesehatan Daring RSUD

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

RUMAH Sakit Umum Daerah Kota Mataram menyiapkan perangkat sistem dalam jaringan (daring) untuk semua RSUD se-Nusa Tenggara Barat guna mempermudah pelayanan kesehatan.

"Jika berbagai persiapan teknologi informasi sudah rampung bulan (Oktober) ini, bulan (November) depan sistem 'online' bisa kita uji coba ke semua RSUD di NTB," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram dr Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Rabu.

Herman yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah NTB mengatakan sistem tersebut adalah upaya membangun kemitraan pada RSUD di NTB.

Sistem tersebut sekaligus memudahkan dalam pemberian layanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Melalui sistem ini jika ada pasien yang akan dirujuk dari RSUD Bima, kita bisa segera mengetahui sehingga kami bisa menyiapkan ruangan, tim medis dan tindakan yang akan diberikan terhadap pasien," katanya.

Ia mengatakan setelah sistem daring tersebut diterapkan ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana di RSUD Kota Mataram dipastikan bisa terpenuhi.

RSUD Mataram saat ini memiliki 230 tempat tidur (bed) dan akan ada penambahan 60 tempat tidur agar target tahun 2016 sebanyak 300 tempat tidur bisa terpenuhi.

Selain itu, tahun 2017 ruang Unit Gawat Darurat (UGD) akan ditingkatkan menjadi lima lantai untuk tambahan laboratorium, radiologi dan rawat inap.

"Prinsipnya, jika prasarana memadai kita tinggal atur sistemnya, jika tidak maka kita bisa kewalahan," katanya.

Sementara itu, Lalu Herman juga menjamin bahwa status RSUD Mataram sebagai rumah sakit rujukan tidak akan menurunkan standar pelayanan bagi warga kota.

"Pelayanan prima bagi masyarakat kota merupakan tugas utama yang harus kami berikan, dan itu tidak akan berubah meskipun sistem 'online' diterapkan," katanya.

(tty)

Baca Juga

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam