RSUD Mataram Terapkan Layanan 'Ojek Farmasi'

RSUD Mataram Terapkan Layanan 'Ojek Farmasi'

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

RUMAH Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menerapkan pelayanan baru berupa "ojek farmasi" untuk memudahkan layanan terutama bagi pasien lanjut usia.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram dr Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Rabu, mengatakan ojek farmasi adalah pelayanan pengantaran obat pasien langsung ke rumahnya.

"Pelayanan ojek farmasi ini sudah berlangsung selama dua minggu yang diprioritaskan bagi pasien lanjut usia (Lansia) dan memiliki bayi," katanya.

Pelayanan ojek farmasi merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan dan menigkatkan kenyaman pasien.

Dalam pelayanan ojek farmasi ini, pihak RSUD Mataram menyiagakan satu orang karyawannya dilengkapi dengan satu kendaraan roda dua di samping loket farmasi RSUD Mataram.

"Jadi kalau ada pasien Lansia atau yang memiliki bayi tidak sanggup menunggu obat di farmasi karena panjangnya antrean, bisa menghubungi bagian farmasi atau informasi," katanya dr Jack begitu Direktur RSUD Mataram ini akrab disapa.

Menurutnya, pelayanan ojek farmasi ini masih dalam tahap uji coba, artinya apabila dalam beberapa bulan ke depan banyak pasien yang menanfaatkan pelayanan ini, maka jumlah personel dan fasilitas kendaraanya akan ditambah.

"Pelayanan ojek farmasi ini diberikan secara gratis kepada pasien lansia dan yang memiliki bayi. Evaluasi dalam waktu dua minggu ojek farmasi sangat membantu pasien," katanya.

Kepala Bagian Humas RSUD Kota Mataram Lalu Hardimun menambahkan, ide ojek farmasi ini dilatarbelakangi karena banyaknya pasien lansia dan pasien memiliki bayi tidak betah menunggu antrean panjang di apotik, meskipun faslitas ruang tunggu menggunakan AC.

"Kita kasian melihat pasien lansia dan bayi, yang sudah mengikuti beberapa antrean mulai dari pendaftaran, pelayanan di poliklinik, belum lagi jika ke labolatorium, dan terakhir ke apotek," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak RSUD Mataram berinisiatif membuka pelayanan ojek farmasi guna membantu masyarakat agar tidak lama antre dan pelayanan ojek farmasi diberikan secara gratis.

"Segala biaya operasional petugas yang bertugas mengantar obat ke rumah pasien ditanggung pihak rumah sakit," katanya.

(tty)

Baca Juga

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam

Khasiat Mencampurkan Cabai Rawit, Perasan Lemon dan Garam