Inilah Waktu Paling Pas untuk Berolahraga

Inilah Waktu Paling Pas untuk Berolahraga

Olahraga sehat (Foto: Shutterstock)

ANDA masih beranggapan bahwa waktu olahraga terbaik hanya di pagi hari? Coba baca dulu artikel di bawah dan ketahui jam-jam terbaik untuk exercise!

- Pagi hari

Tentu saja, tidur yang cukup dapat memulihkan tenaga. Namun tahukah Anda kalau berolahraga di waktu ini juga baik sebagai bekal memulai hari? Latihan yang dilakukan pada pagi hari dapat memompa sirkulasi darah dan endorfin sekaligus. Ikuti kelas-kelas latihan seperti aerobik, zumba, muaythai atau jogging. Olahraga yang dilakukan di pagi hari juga ampuh sebagai langkah detoksifikasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian tubuh setelah tidur selama beberapa jam. Dianjurkan untuk Anda mengambil beberapa waktu sejenak untuk menyesuaikan diri dan melakukan pemanasan yang cukup.

- Sore menjelang malam hari

Lain halnya dengan pagi, aktifitas olahraga yang dilakukan di sore menjelang malam hari dapat menertibkan jam biologis dan ini kabar baiknya, ternyata merupakan kunci untuk menurunkan berat badan! Terutama bila dilakukan sebagai sesi lanjutan dari latihan di pagi hari. Tantangan melakukan olahraga di jam ini adalah membuat jadwal dan menaatinya. Untuk membiasakan diri, coba dulu melakukannya di akhir pekan.

- Malam hari

Olahraga di malam hari ternyata menawarkan lebih banyak lagi manfaat, salah satunya yaitu melepaskan stres dan membuat istirahat malam lebih berkualitas. Namun sebaiknya, olahraga yang dilakukan di waktu ini adalah yang tidak terlalu heavy atau berat. Anda bisa melakukan latihan sejenis pilates, yoga, tenis yang ringan, atau berenang. Dan setelah berolahraga, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berat karena justru dapat menunda waktu istirahat. Anda bisa mengonsumsi salad, buah, roti gandum, sereal, atau makanan sehat lainnya.

(tty)

Baca Juga

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur

Pastikan Minum Air Putih Cukup Sebelum Tidur