Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Botak

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Botak

Waspadai kebotakan (Foto: R29)

TANPA sadar, kebiasaan yang sering Anda lakukan ternyata dapat membuat rambut menjadi rontok, tipis, dan akhirnya kepala menjadi botak. Sebelum kebotakan bertambah parah, pastikan Anda menyadari beberapa kebiasaan buruk ini dan segera hentikan kebiasaan tersebut.

Kerontokan rambut dan kebotakan merupakan masalah umum yang tidak hanya ditemui pada pria dan orang tua saja. Wanita di usia muda juga ternyata banyak mengalami keduanya. Penyebab permasalahan rambut yang satu ini memang beragam; mulai dari genetik, penyakit, maupun karena ulah diri sendiri. Percaya atau tidak, upaya yang salah dalam mempercantik mahkota kepala ternyata justru dapat membuatnya rusak, rontok, dan botak. Nah lho!

Kenali Kebiasaan Anda

Beberapa penyebab rambut botak memang sulit untuk diubah. Penyebab tersebut diantaranya faktor genetik, hormon, dan adanya penyakit tertentu di tubuh. Untuk kebotakan yang disebabkan oleh hal- hal tersebut, terapinya memang memerlukan intervensi khusus dan lebih mendalam.

Di luar itu, sering kali penyebab rambut rontok dan botak justru karena tangan Anda sendiri. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology yang merupakan asosiasi dokter kulit di Amerika, menyatakan bahwa upaya berlebih dalam menata rambut justru dapat merusak rambut itu sendiri.

Penggunaan alat penata rambut (catok, curly iron, hair dryer) dan mengikat rambut terlalu kuat merupakan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dapat mengakibatkan kerontokan rambut dan membuat kepala menjadi botak. Upaya-upaya yang banyak menggunakan zat kimia, panas berlebih dan tarikan pada rambut tersebut akan melemahkan struktur alami rambut. Akibatnya, rambut menjadi rapuh, mudah patah, rontok dan akhirnya menjadi botak.

Bisakah Pulih?

Ya! Kebotakan bisa dipulihkan. Segera hentikan kebiasaan tersebut untuk menghentikan kerontokan dan kebotakan yang Anda alami. Untuk mencegahnya terjadi kembali, American Academy of Dermatology menganjurkan untuk sedapat mungkin mengeringkan rambut dengan cara alami dan menghindari panas berlebih yang bersentuhan langsung dengan rambut. Selain itu, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Dalam keadaan kering pun, menyisir rambut sebaiknya dilakukan seminimal mungkin. Hindari juga mengikat rambut terlalu kencang agar rambut tidak mudah tercabut dan rontok.

Selain upaya penghentian kebiasaan tersebut, rambut juga perlu asupan nutrisi alami agar tetap sehat. Ingat! rambut Anda tersusun dari berbagai mineral dan protein. Jadi, jangan lupa ya selalu makan makanan sehat, bervariasi, dan penuh gizi agar rambut sehat alami dan terhindar dari kerontokan serta kebotakan.

(tty)

Baca Juga

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia

Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Terserang Hiponatremia