Tips Membuat Sendiri Saus & Sambal yang Maknyus

Tips Membuat Sendiri Saus & Sambal yang Maknyus

Tips membuat sambal yang maknyus (Foto: Wikipedia)

SAUS ataupun sambal sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sehingga tidak lengkap rasanya jika menyantap suatu makanan tanpa sensasi pedas yang berasal dari makanan pelengkap tersebut.

Saat ini sudah banyak saus sambal yang diolah dan dikemas dalam bentuk sachetan maupun botolan. Namun jika Anda memiliki banyak waktu, ada baiknya membuat sendiri sambal atau saus agar rasanya lebih lezat dan tentu saja kesehatan bisa lebih terjamin.

“Membuat sambal itu sebenarnya sesuai selera masing-masing. Ada yang menambahkannya dengan bawang dan bahan baku lainnya. Namun, bahan utama untuk membuat sambal yang lezat itu tentu saja menggunakan cabai, garam, cuka, dan gula,” beber Chef  Bara Pattiradjawane kepada Okezone usai peluncuran Tantangan Sambal ABC di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Lebih lanjut Bara menjelaskan, untuk mendapatkan sensasi pedas yang lezat, ini sangat tergantung dari kualitas bahan utama yang dibeli, yakni tidak lain seperti cabai atau tomat.

“Pilihlah cabai yang berkualitas dan masih segar. Jangan tergiur dengan harga murah tetapi tekstur cabainya sendiri sudah terlihat membusuk. Setelah itu, rebus cabai beberapa saat sebelum Anda haluskan dengan ulekkan atau blender,” pungkasnya.

(ndr)

Baca Juga

Penyanyi Cantik Ini Ternyata Hobi Masak, Apa Ya Masakan Andalannya?

Penyanyi Cantik Ini Ternyata Hobi Masak, Apa Ya Masakan Andalannya?