Tips Bikin Sambal Terasi Matang yang Nendang ala Chef Brian

Tips Bikin Sambal Terasi Matang yang Nendang ala Chef Brian

Tips bikin sambal terasi yang lezat (Foto:Google)

MENYANTAP ayam bakar, ternyata paling nikmat dengan mencocolnya ke sambal terasi matang. Bumbu rempah-rempah yang terkandung dalam sambal tersebut mampu menambahkan citarasa ayam bakar menjadi sangat lezat.

Namun, membuat sambal terasi matang tidaklah sembarangan. Ada beberapa trik khusus agar aroma dan rasa gurih terasi dapat terasa sempurna. Seperti yang disampaikan oleh Febrian Wicaksono, Runner up MasterChef Indonesia (MCI) Season 3.

“Step-stepnya sangat mudah kok. Tumis dulu bawang putih, bawang merah, terasi, tomat, cabe merah besar dan cabe rawit. Kalau Anda suka pedas tambahkan saja cabe keriting merah sesuai selera,” tutur Brian, kepada Okezone di komplek Perkantoran MNC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Setelah semua bahan baku layu, barulah masuk pada tahap penghalusan dengan cara pengulekkan.

Menurut pria yang akrab disapa Brian itu, sambal terasi akan lebih nikmat jika diulek di atas cobek yang terbuat dari batu asli.

“Ketika Anda sedang menghaluskan bahan-bahan tersebut, jangan lupa menambahkan garam dan gula pasir. Setelah selesai, tumis lagi sambal terasi Anda beberapa saat hingga aroma khasnya tercium,” pungkasnya.

(ndr)

Baca Juga

Ya Ampun, Kelapa Muda & 5 Makanan Paling Diincar Turis Justru Tidak Disukai Warga Lokal

Ya Ampun, Kelapa Muda & 5 Makanan Paling Diincar Turis Justru Tidak Disukai Warga Lokal