Semua Umat Islam Bertanggung Jawab Mengatasi Maraknya KDRT

Semua Umat Islam Bertanggung Jawab Mengatasi Maraknya KDRT

Ilustrasi KDRT (Foto: Shutterstock)

KEKERASAN dalam rumah tangga (KDRT) terjadi di semua negara dan ini bukan hanya menimpa keluarga muslim. Namun, apa pun bentuk kekerasannya dan terjadi pada siapa, semua umat Islam harus bertindak.

Demikian Abdul Malik Mujahid menuliskan gagasannya di halaman Soundvision, Rabu (30/11/2016), setelah peristiwa KDRT yang dilakukan CEO Bridges TV Pakistan, Muzzammil Hassan kepada istrinya. Menurutnya, masyarakat muslim perlu mengambil langkah melalui media masa, ulama, dan program pendidikan untuk menekankan hal-hal yang dapat mengatasi KDRT.

Spiritualitas

Setiap muslim perlu meningkatkan hubungan dengan Tuhan, yang merupakan sumber kekuatan, terutama pada masa-masa sulit. Manusia yang beriman dan dekat dengan Tuhan tahu dosa dan pelanggaran sehingga mereka takut melakukan kejahatan.

Manajemen emosi

Apa pun masalah dalam rumah tangga bisa menjadi besar apabila seseorang tidak dapat menaham amarahnya. Itulah mengapa depresi, stres, dan kemarahan perlu dikelola.

Khotbah

Setiap pekan setidaknya di pelajaran sekolah atau khotbah, pemuka agama penting menyampaikan isu-isu tentang KDRT di lingkungan mereka. Sehingga, umat Islam dapat mengatasi masalah ini.

Dukungan

Kita perlu memperkuat sistem dukungan keluarga melalui konseling pra-nikah, mediasi pernikahan, dan teknik resolusi konflik. Hal ini dapat diperoleh melalui penguatan lembaga Muslim pelayanan sosial dan Imam atau pemimpin mengikuti pelatihan di daerah-daerah.

Adapun penjelasan psikologis tentang frustrasi / agresi adalah ketika situasi ekonomi semakin memburuk, kekerasan dalam rumah tangga akan sangat mungkin meningkat. Itulah sebabnya kita harus menyiapkan diri agar dapat mencegah dan memediasi frustrasi dan depresi sehingga tidak mengarah pada kekerasan terhadap wanita.

(vin)
tipsramadan

Baca Juga

Cara Islam Mengajarkan Seseorang tentang Dasar Disiplin

Cara Islam Mengajarkan Seseorang tentang Dasar Disiplin