Cermati Produk Skincare Anda, Apakah Mengandung Zat Kimia Berbahaya?

Cermati Produk Skincare Anda, Apakah Mengandung Zat Kimia Berbahaya?

Ilustrasi (foto: design enterprise)

MENGETAHUI dan memahami bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam produk kecantikan yang dikenakan setiap harinya, sangatlah penting. Hal ini demi menghindari efek negatif yang akan muncul tidak hanya terhadap diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar.

Berikut daftar bahan-bahan produk skincare yang harus dihindari, sebagaimana dilansir Beautyandtips, Jumat (2/12/2016).

Fragrance

Fragrance di sini maksudnya ialah man-made chemical fragrances alias zat sintetis yang dibuat oleh manusia (tidak alami). Seperti plastik, zat ini juga dapat menganggu kestabilan hormon esterogen dalam tubuh. Zat satu ini juga dapat menyebabkan alergi dan asma

Hydroquinone

Hydroquinone adalah produk bleaching, yaitu untuk mencerahkan warna kulit. Banyak orang menggunakan produk dengan kandungan zat satu ini untuk memperbaiki masalah soal skin tone seperti hyperpigmentasi. Zat ini sendiri dapat menyebabkan masalah kulit, dan juga dapat membuat kulit menjadi gelap daripada sebelumnya.

Triclosan

Salah satu bahan yang kerap dipakai dalam produk-produk anti bakteri. Contohnya seperti sabun tangan, gel, dan deodorant. Masalahnya adalah sebetulnya triclosan ini dapat merangsang pertumbuhan bakteri lebih kuat dan kebal terhadap zat kimia. Di mana hal ini berarti menambah resiko akan terjadinya infeksi, meningkatkan potensi alergi, dan menurunkan sistem imun pada tubuh.

Oxybenzone

Oxybenzone biasanya ada pada sunscreen, dan zat ini juga dapat merusak keseimbangan hormon dalam tubuh. Seperti endometriosis pada wanita dan sperma pada pria. Disebutkan pula zat berbahaya satu ini juga berhubungan dengan kanker payudara.

(SLV)

Baca Juga

<i>Ladies</i>, Simak Inspirasi Warna Lipstik untuk Natal

Ladies, Simak Inspirasi Warna Lipstik untuk Natal