Tayangkan Tutorial Make-Up untuk Tutupi Lebam di Wajah, Stasiun Televisi Ini Dikecam

Tayangkan Tutorial Make-Up untuk Tutupi Lebam di Wajah, Stasiun Televisi Ini Dikecam

Ilustrasi (foto: cnn)

NIAT baik terkadang memang bisa jadi salah kaprah jika dalam eksekusi pelaksanaannya. Seperti contohnya yang baru saja dialami pada sebuah acara tv show di Maroko berjudul Sahabiyat, yang ditayangkan oleh stasiun televisi Channel 2M.

Acara tv show tersebut disebutkan menayangkan tentang tips tutorial make-up yang bisa diaplikasikan oleh wanita-wanita korban kekerasan dalam rumah tangga atau biasa disebut domestic abuse. Dalam tayangannya, ditampilkan seorang make-up artis profesional yang menjelaskan tentang pengaplikasian make-up pada wanita korban kekerasan rumah tangga yang memiliki lebam luka di sekitar area mata yang berwarna biru kehitaman. Lebih rinci sang pembawa acara menyebutkan bahwa semoga tips make-up ini dapat membantu keseharian para wanita tersebut.

Tidak lama setelah ditayangkan, sontak segmen tersebut menuai kritikan dan protes di platform sosial media hingga akhirnya muncul sebuah petisi yang menyarankan untuk adanya pemberian sanksi terhadap acara Sahabiya dan stasiun televisi Channel 2M. Sebagaimana dikutip Yahoo, Kamis (1/12/2016) petisi ini sudah ditandatangani oleh 2100 orang.

Banyak pihak yang menilai bahwa dengan adanya tayangan tutorial make-up tersebut, telah memberikan kesan bahwa rakyat Maroko pada umumnya telah menganggap biasa dan normal sebuah kejadian kekerasan pada wanita di dalam rumah tangga. Masyarakat menyayangkan, pesan yang salah yang disampaikan oleh tayangan tersebut. Masyarakat menilai ketimbang memberikan tutorial soal make-up, lebih baik menggerakan gerakan anti kekerasan dari kaum pria terhadap wanita.

Menuai banyak protes dan kritikan dari masyarakat luas, akhirnya Channel 2M mengeluarkan pernyataan permohonan maaf secara resmi yang intinya kurang lebih menjelaskan bahwa Channel 2M sebagai pihak stasiun televisi yang menayangkan segmen tersebut, awalnya hanya berniat untuk memberikan sedikit ilmu untuk para wanita dan tidak bermaksud untuk memberikan pesan yang salah perihal kekerasan dalam rumah tangga terhadap wanita.

"This approach is in complete contradiction with the editorial line of the chain, with the charter 2M valorization of the image of the woman, and especially with the commitment of 2M for 27 years in favour of the defence of the rights of the wife. Commitment known and recognized by our public and civil society. It is to point out that the show Sabahiyataired during the current week of headings on the legal arsenal of protection of the rights of the wife.”

(SLV)

Baca Juga

MISS WORLD 2016: Pesan Khusus Barli Asmara kepada Natasha Mannuela

MISS WORLD 2016: Pesan Khusus Barli Asmara kepada Natasha Mannuela