Anak Memilih Wirausaha ketimbang Kerja? Moms, Arahkan Saja seperti Ini

Anak Memilih Wirausaha ketimbang Kerja? Moms, Arahkan Saja seperti Ini

Pola asuh (Foto: Huffingtonpost)

HARAPAN orangtua ketika anak lulus kuliah tentu adalah mendapat kerja secepat mungkin. Tetapi, keinginan anak ternyata ingin menjadi wirausaha ketimbang bekerja sebagai karyawan di perusahaan.

Situasi ini tentu menjadi perhatian orangtua yang prihatin karena anak tidak memiliki modal usaha. Sementara, keinginan anak bulat. Vivid Fitri Argarini yang merupakan motivator karier, berpendapat bahwa modal itu bisa berbentuk macam-macam dan range-nya beragam

“Saya rasa kalau orangtuanya mampu memberi modal, maka tidak masalah meminjamkan kepada anak. Sekadar tiga sampai lima juta itu tidak masalah. Namun, orangtua membimbing anak dalam menjalankan bisnisnya,” ucap Vivid ketika dihubungi Okezone, belum lama ini.

Wanita yang lama berkecimpung di dunia remaja ini berpendapat bahwa sekarang banyak entrepreneur muda yang mendapat modal dari pinjaman orangtua. Tetapi, orangtua membimbing anak dengan bicara tentang rencana bisnis yang akan dijalani dan sama-sama menghitung serta memprediksi masa depan bisnis ke depan.

“Menjadi wirausaha itu tidak harus langsung dari bisnis besar. Misalnya, dari online shop. Menjadi reseler pakaian, nomor selular, atau kangen water. Itukan juga bisnis. Nanti tinggal dilihat bagaimana perkembangannya,” sambung wanita lulusan University of Wisconsin, Whitewater ini.

Sebagai anak juga harus punya akal dalam menyampaikan proposal kepada orangtua yang sekiranya mampu untuk meminjamkan modal. Jangan seenak-enaknya mentang-mentang orangtua banyak uang pinjam modal dengan nominal besar tanpa memikirkan untung rugi dan bagaimana cara mengembalikan modalnya.

“Dalam hal membantu anak, orangtua harus menakar seberapa kira-kira modal yang bisa dipinjamkan, buat pula aturan kompensasi yang harus ditanggung anak bila tidak bisa mengembalikan dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Jangan sampai demi modal anak usaha orangtua sampai jual tanah, jual rumah, jual asset berharga,” tandasnya.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak