Moms, Jangan Lupa Bercerita ke Anak Minimal 10 Menit per Hari

Moms, Jangan Lupa Bercerita ke Anak Minimal 10 Menit per Hari

Pola asuh (Foto: Rd)

BERCERITA pada anak-anak usia dini dapat memberikan efek yang luar biasa pada masa perkembangan. Terutama untuk meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dan anak.

Orangtua dapat bercerita minimal 10 menit per hari kepada anak-anak. Dalam waktu tersebut, lambat laun menciptakan keterikatan emosional yang kuat pada keduanya. Bahkan, tidak hanya antara orangtua dan anak. Tetapi juga bisa terjadi pada kakak dan adik.

Karena itulah, kampanye KITA (Keluarga Indonesia Teman Anak) Bercerita mulai digulirkan ke tengah-tengah masyarakat ibu kota. Kebiasaan bercerita kepada anak setiap hari dapat memberikan efek jangka panjang.

"Dengan cerita itu ada banyak yang kita bisa raih dalam program ini. Seperti menciptakan quality time antara orangtua dengan anak dan memasukkan pesan moral yang bagus," ungkap Pembina dan penanggungjawab program KITA Bercerita, Harry Pramono saat berbincang ditemui Okezone di Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Kampanye ini memberikan edukasi kepada seluruh keluarga Indonesia tentang manfaat bercerita kepada anak. Selain menguatkan hubungan antar anggota keluarga, kebiasaan bercerita juga dapat membawa dampak positif di masa depan.

"Kami ingin mentrigger budaya minat membaca ke depan. Ini saya rasa sangat efektif, dengan buku atau media," ujar Harry.

Namun, lanjut Harry, orangtua harus berperan aktif dalam hal ini. Jangan sampai orangtua hanya menyuruh anak membaca, sementara dirinya tidak pernah mencontohkan hal yang sama.

"Orangtua harus mencontohkan. Doing activity bersama. Jangan sampai menyuruh anak belajar, tapi orangtua hanya menonton televisi," pungkasnya.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak