Ini 3 Hal yang Menentukan Bakmi Enak atau Tidak

Ini 3 Hal yang Menentukan Bakmi Enak atau Tidak

Tiga hal yang menentukan bakmi enak atau tidak (Foto: Foodspooting)

SETIAP orang memiliki selera yang berbeda soal apapun, termasuk soal selera lidah. Saat satu orang mengatakan makanan enak, belum tentu itu enak juga buat Anda. Tapi khusus untuk menilai bakmi enak atau tidak, ada tiga hal yang bisa jadi patokan, apa saja itu?

Menurut Tirta Lie, seorang penikmat bakmi yang namanya cukup populer di Indonesia. Ada beberapa hal yang bisa jadi patokan utama saat menilai enak atau tidaknya bakmi. Pria yang akrab disapa Koko Tirta ini menjabarkan kepada Okezone, Rabu (30/11/2016).

Hal pertama yang harus dilihat dan dinilai adalah dari mi-nya. Mi yang enak akan terlihat mengilap, sementara saat disantap memiliki tekstur yang kenyal namun lembut. Tingkat kematangan juga bisa jadi faktor yang menentukan enak atau tidaknya bakmi.

“Pertama yang harus dinilai pastinya mi. Tidak hancur karena overcooked dan juga harusnya bertekstur kenyal dan lembut. Jenis apapun mi-nya harusnya kenyal,” kata Ko Tirta.

Setelah mi, selanjutnya yang harus jadi pertimbangan adalah kuahnya. “Bakmi berkuah pastinya punya kaldu yang gurih namun tidak berlebihan,” lanjut Tirta.

Sementara untuk jenis bakmi yang tidak berkuah, tentu hal ini tidak bisa jadi bahan pertimbangan. Cukup cicipi bagaimana cara penjual membumbui bakmi kering ini. Kebanyakan bakmi memiliki rasa yang gurih, soal pedas, manis, asin dan lain sebagainya itu adalah soal selera yang bisa di-request kepada pembuat bakmi.

Hal terakhir yang dilihat adalah potongan ayam atau dagingnya. “Banyak isu berkembang penjual bakmi di pinggir jalan menyajikan bakmi dengan ayam tiren. Tidak semua memang, tapi hal ini bisa dilihat dari bentuk potongan ayamnya,” beber Tirta.

Ayam segar memiliki ciri potongan yang masih berbentuk, meskipun dipotong dalam ukuran kecil. Tidak hancur dan rasanya masih gurih alami. Yang patut diwaspadai adalah bakmi dengan potongan ayam yang terlalu hancur dan memiliki aroma yang kurang sedap.

(ndr)

Baca Juga

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah