Simak 4 Rahasia Membuat Masakan Padang yang Lezat

Simak 4 Rahasia Membuat Masakan Padang yang Lezat

Rahasia memasak makanan padang yang lezat (Foto: Hungrygowhere)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa masakan padang merupakan salah satu kuliner nusantara yang sangat digemari semua kalangan. Sebut saja rendang yang telah diakui oleh dunia internasional.

Kelezatan masakan padang sebetulnya terletak pada aroma dan citarasanya yang sangat khas. Untuk mendapatkan kedua elemen tersebut, dibutuhkan keahlian khusus untuk mengolah bumbu rempah-rempah dengan tepat.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir! Okezone berhasil merangkum 4 tips ampuh memasak makanan padang, seperti disarikan dari buku Variasi Lezat & Lengkap Masakan Padang, karya Tim Dapur Anggrek, Kamis (1/12/2016).

Memilih daging

Saat hendak memilih daging, pilihlah daging berwarna merah cerah. Setelah itu, pastikan Anda memilih bagian pahanya karena mengandung sedikit lemak, sehingga ketika diolah menjadi gulai daging tersebut akan lebih empuk. Jangan sesekali memilih daging sapi pada bagian dada, karena teksturnya cenderung tipis dan cepat hancur ketika dimasak.

Memilih bumbu

Apalah artinya masakan padang tanpa cabai dan bumbu rempah-rempah lainnya. Seperti diketahui bahwa keunikan masakan padang terletak dari bumbu rempahnya yang membuat rasa dan aromanya semakin nikmat. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih cabai merah atau hijau yang besar dan keriting. Kemudian sediakan bumbu rempah yang belum diolah atau diracik menjadi satu, karena rasanya akan berbeda ketika kita mengolahnya sendiri.

Agar bumbu meresap

Tumislah daging sapi agak lama sampai cairan darahnya keluar. Setelah itu, Anda dapat menambahkan bumbu halus lalu masaklah hingga cairannya tersisa sedikit. Hal ini menandakan bahwa bumbu tersebut sudah meresap ke dalam pori-pori daging. Ketika bumbu telah meresap, Anda dapat langsung menambahkan santan.

Penyajian

Agar hidangan terlihat cantik, Anda dapat menyajikannya dengan tambahan tomat 5 menit sebelum hidangan diangkat. Untuk masakan berkuah seperti gulai, gunakanlah tomat hijau karena buahnya mengandung sedikit air. Sehingga, ketika dimasukkan ke dalam masakkan berkuah, tomat tidak akan cepat hancur. Pasalnya, tomat yang terlalu hancur di dalam sebuah masakan berkuah, akan membuat masakan tersebut cepat basi.

(ndr)

Baca Juga

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland