Alasan Ponsel Tak Boleh Aktif saat Pesawat Mengudara

Alasan Ponsel Tak Boleh Aktif saat Pesawat Mengudara

Ilustrasi Menggunakan Ponsel di Pesawat (foto: AP/Matt Slocum)

SEMUA orang yang pernah menggunakan pesawat untuk jalan-jalan pasti familiar dengan aturan tidak boleh menyalakan ponsel saat sedang mengudara.

Anda pasti sudah mendengar jika ponsel bisa menyebabkan masalah serius di pesawat. Dengan beberapa alasan seperti, gangguan sinyal yang dapat mempengaruhi penerbangan.

Telegraph memiliki wawancara khusus dengan pilot Patrick Smith, terkait dampak penggunaan ponsel saat pesawat sedang mengudara. Smith menjelaskan jika pesawat sudah didesain secara spesifik dan melindungi tekanan dari luar. Ia juga menambahkan, jika sudah banyak kasus kerusakan yang disebabkan oleh ponsel selama penerbangan.

Selain menimbulkan alarm, sang pakar mengatakan jika sistem elektronik yang digunakan selama mengudara akan menyebabkan kerusakan. Dalam artikel ini Insider, menjelaskan jika aktifnya ponsel benar-benar akan memberikan kerusakan fatal, karena di ketinggian 10 ribu kaki sinyal akan semakin kuat.

Sinyal yang ada disebabkan karena kedekatan dari beberapa tower sinyal dan frekuensi yang tinggi akan menyebabkan masalah potensial, bukan untuk pesawatnya, tetapi unyuk pilot yang menerima instruksi dari headset.

Dan, insiden kecelakaan pesawat kebanyakan disambungkan dengan masalah ini. Intervensi dari sinyal akan menyebabkan gangguan saat landing dan juga take off, karena komunikasi pilot akan rusak dengan petugas Air Traffic Control (ATC).

Tetapi kini teknologi modern semakin canggih dan sudah ditemukan cara untuk menyelesaikan masalah ini dengan membuat komunikasi semakin baik.

Sebagaimana dikutip dari Travelerstoday, Rabu (30/11/2016), penumpang diizinkan untuk menggunakan sinyal hanya karena untuk kenyamanan bukan untuk keselamatan.

(fid)

Baca Juga

Seberapa Aman <i>Trekking</i> Menggunakan Sandal Gunung?

Seberapa Aman Trekking Menggunakan Sandal Gunung?