Alasan Calon Penumpang Suka Berebut Sebelum Naik Pesawat

Alasan Calon Penumpang Suka Berebut Sebelum Naik Pesawat

Ilustrasi Penumpang Pesawat (foto: Shutterstock/Hanoi Photography)

DI bandara kita kerap melihat orang-orang begitu semangat menunggu di ruang tunggu boarding dan berebut sebelum naik ke pesawat. Hal tersebut bukan hanya karena jarangnya mereka menggunakan moda pesawat, kecenderungan traveller seperti ini bisa dijelaskan dengan psikologi.

Ahli Perilaku Judi James mencoba memaparkan alasan psikologis mengenai kecenderungan mengantri seperti itu di bandar udara. Berikut poin-poinnya seperti dilansir dari Dailymail, Rabu (30/11/2016).

FOMO atau takut kehilangan

James mengatakan, secara psikologis, kegiatan mengantre adalah sesuatu yang menular. Di mana saja kita melihat antrean atau keramaian, kita pasti cenderung untuk ikut bergabung.

"Saat kita melihat sekelompok orang berbondong-bondong datang ke satu titik, meskipun otak logis Anda tahu tidak penting ikut berebut atau mengantre dengan yang lain, Anda akan merasa takut kehilangan bagian," ungkapnya.

Menjadi yang pertama adalah karakter orang Alpha

Alpha, istilah yang merujuk pada orang-orang yang selalu ingin menjadi yang terdepan, bisa muncul dalam diri kebanyakan orang. Dalam hal mengantre, kebanyakan orang punya hasrat untuk ‘melawan si curang’.

"Kita merasa seolah-olah mereka berada di depan atau entah bagaimana melemahkan sistem dan membuat kita menjadi yang kedua. Kita benci ketika orang tidak melihat kita. Ini melampaui perilaku manusia yang rasional dan berubah menjadi insting binatang," papar James.

Bentuk kecemasan yang tidak alami

“Perjalanan itu sendiri adalah bisnis yang sangat serius bagi kita. Kira akan merasa sangat cemas ketika tidak jadi terbang karena terlambat. Di bandara, banyak orang selalu berusaha untuk mendapatkan posisi dengan cepat, bahkan sebelum waktunya,” kata James.

Ketika ada yang dituju, waktu akan terasa cepat

James mengatakan, ketika kita memiliki tujuan, waktu akan berjalan lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa satu jam bisa terasa seperti tiga minggu jika Anda bosan, tapi satu jam juga bisa merasa seperti lima menit ketika Anda harus bangun di pagi hari.

"Jadi antrean di boarding gate bisa membuat kita merasa waktu lebih cepat daripada jika Anda duduk-duduk menunggu antrean berkurang,” jelasnya.

(fid)

Baca Juga

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017