Ini Daya Tarik Gunung Marapi di Sumatera Barat

Ini Daya Tarik Gunung Marapi di Sumatera Barat

Ilustrasi Perjalanan Mendaki Gunung (foto: National Geographic Expeditions)

AKHIR pekan lalu pecinta ketinggian mendapat kabar buruk dari Gunung Marapi. Tujuh orang terjebak dan beberapa pingsan karena cuaca buruk. Sebenarnya apa yang menarik dari gunung ini sehingga mereka nekat datang meski dengan risiko tinggi?

Gunung Marapi adalah gunung aktif selain Gunung Kerinci di Jambi. Memiliki ketinggian 2891,3 meter di atas permukaan laut, gunung ini mudah diakses dari Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang, bahkan dari Kota Padang hanya 1,5 jam.

Dengan jalur pendakian yang sudah tetap, pendaki bisa mencapai puncak dari titik Parak Batuang dalam waktu lima jam saja. Selama perjalanan, pendaki dapat menikmati hutan tropis sampai padang edelweis. Jika beruntung, pemandangan Danau Singkarak dan Gunung Singgalang dapat terlihat dari atas puncak.

Dikutip dari GoSumatra, Kamis (1/12/2016), pemandangan matahari terbit adalah yang terbaik dari atas puncak, sehingga Anda disarankan untuk mendaki ke puncak dini hari.

Bagaimana pun, sebelum pendakian Anda harus memastikan membawa perlengkapan wajib dan menyiapkan kondisi agar tetap fit saat pendakian. Yang terpenting juga adalah tetap menjaga kelestarian alam Gunung Marapi dan tidak memaksakan diri untuk mendaki jika cuaca tidak bersahabat.

(fid)

Baca Juga

Ombak Kuala Cut Lampuuk Jadi Tempat Terbaik Aceh <i>Surfing</i> Festival 2016

Ombak Kuala Cut Lampuuk Jadi Tempat Terbaik Aceh Surfing Festival 2016