Perhatikan Hal Penting Ini ketika Bercerita pada Anak

Perhatikan Hal Penting Ini ketika Bercerita pada Anak

Pola asuh (Foto: Rappler)

MENYAMPAIKAN cerita pada anak membutuhkan teknik khusus agar anak dapat mengerti. Selain itu, baik anak dan orangtua sama-sama mendapatkan manfaat dari kegiatan bercerita ini.

Saat bercerita pada anak, perhatikan bahasa tubuh yang Anda gunakan. Pastikan dia mengerti dan menangkap cerita yang disampaikan.

Berikut Okezone rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan saat bercerita pada anak menurut Pembina dan Penanggung Jawab KITA Bercerita, Harry Pramono:

Kontak mata

Lakukan kontak mata ketika bercerita pada anak. Kontak mata dapat menguatkan ikatan batin dan emosional antara orangtua dan anak. Usahakan untuk bercerita dengan posisi tubuh yang sejajar. Jika posisi Anda terlalu tinggi, bisa berjongkok supaya kontak mata Anda dan si kecil tetap terjaga.

Pakai bahasa sederhana

Untuk anak-anak, bahasa juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Gunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti anak-anak. Kurangi istilah-istilah sulit dan sampaikan dengan bahasa sehari-hari yang gampang dipahami.

Lakukan 10 menit per hari

Kebiasaan bercerita semakin lama semakin luntur. Karena itu, banyak orangtua yang tak terbiasa menyampaikan cerita kepada anaknya. Mulai sekarang, Anda bisa membiasakan bercerita setidaknya 10 menit per hari. Kebiasaan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi hidupnya kelak.

(vin)

Baca Juga

Pertimbangan Bijak Terima Perjodohan

Pertimbangan Bijak Terima Perjodohan