Cara Anak Saleh Membantu Orangtua Dekat dengan Allah

Cara Anak Saleh Membantu Orangtua Dekat dengan Allah

Anak Saleh (Foto: Aboutislam)

ORANGTUA bukan manusia sempurna. Mungkin mereka mampu memenuhi semua kebutuhan fisik dan finansial anak. Namun, belum tentu orangtua dapat menjadi teladan yang baik bagi anak, khususnya dalam akhlak dan agama.

Hal yang sangat diresahkan saat ini adalah orangtua yang korup. Di banyak negara orangtua bekerja terjerat kasus korupsi. Tentu bukan contoh yang baik bagi anak. Oleh sebab itu, anak yang sudah cukup besar, dapat membantu orangtua mereka. Seperti dilansir Soundvision, Jumat (2/12/2016), berikut cara yang bisa dilakukan anak saleh menolong orangtua dekat dengan Allah.

Hindari berkhotbah kepada orangtua

Membantu mereka menyadari 'kesempatan untuk perbaikan' melalui cara-cara non-verbal, dan non-konfrontatif. Mungkin, sekarang Anda mulai tumbuh jenggot atau yang perempuan sudah berhijab. Mulailah sedikit-sedikit belajar bahasa Arab dan menghafal hadis. Penampilan Anda mungkin mengejutkan orangtua, namun orangtua tidak akan mau mendengar ceramah dari anaknya tentang dosa-dosa yang mereka lakukan. Maka berdakwahlah lewat sikap.

Tekankan hubungan dengan Allah

Bantu mereka menyadari kebutuhan untuk mengembangkan hubungan langsung dengan Allah melalui pemahaman dan mempelajari Alquran. Pada akhirnya, setelah kematian kita, itu keintiman kita dengan Allah yang benar-benar penting.

Mengadopsi fleksibilitas

Menggunakan kebijaksanaan berarti melakukan hal yang benar, di tempat yang tepat, dan waktu yang tepat. Sering kali, karena keinginan kita untuk kesejahteraan orang tua, kita menjadi keras kepala dan tidak menyadari dengan siapa kita bicara. Tidak tepat menyampaikan kebenaran namun mengabaikan hormat kepada orangtua. Seberapa sering kita menemukan pemuda muslim membuat keributan besar atas orangtua mereka yang merayakan ulang tahun atau dengan emosi memarahi orangtua karena korupsi.

(vin)
tipsramadan

Baca Juga

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak