Wow, Perusahaan Ini Produksi Popcorn yang Dimasak dengan Tenaga Surya

Wow, Perusahaan Ini Produksi Popcorn yang Dimasak dengan Tenaga Surya

Perusahaan popcorn bikin popcorn dengan tenaga surya (Foto: Google)

POPCORN atau berondong jagung merupakan camilan populer yang sangat digemari oleh semua kalangan di dunia. Hidangan berbahan dasar biji jagung ini, biasanya diolah dengan cara memanaskannya di dalam wajan dengan api sedang.

Uniknya, salah satu perusahaan popcorn ternama asal Amerika, BjornQorn, mengolah hidangan tersebut dengan bantuan energi matahari (solar energy).

Ide ini pertama kali dicetuskan oleh Bjorn Quenemoen, selaku pendiri BjornQorn. Quenemoen tergerak untuk memajukan kampung halamannya di Minnesota, yang merupakan salah satu penghasil jagung terbesar di Amerika.

Bekerjasama dengan salah satu temannya bernama, Jamie O'Shea, Quenemoen mulai mengembangkan teknologi bertenaga surya untuh mengolah camilan jagung itu. Pada musim semi 2013 lalu, mereka mulai menjual sun-popped corn di beberapa negara.

"Salah satu pabrik percontohan kami beroperasi di kawasan Lembah Hudson. Pabrik ini sudah menggunakan sistem surya eksperimental dimana terdapat sebuah hemispheric raksasa yang kita pasang di tanah dengan sejumlah materi reflektor," kata Quenemoen.

Metode ini ternyata dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi panas. Energi tersebut nantinya akan menembus kettle yang sudah dicat hitam untuk membantu proses pemanasan.

Manfaatnya pun sangat signifikan. Dengan memanfaatkan panel surya tersebut, pemasukan perusahaan meningkat hingga 90 persen dibandingan dengan penjualan pada 2015.

"Kami berharap apa yang telah perusahaan kami lakukan, dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan di luar sana,” jelas Quenemoen. Dilansir dari The Daily Meal, Kamis (1/12/2016).

(ndr)

Baca Juga

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah