4 Cara Benar Minum Espresso seperti Penduduk Asli Italia

4 Cara Benar Minum Espresso seperti Penduduk Asli Italia

Cara benar minum kopi espresso seperti orang Italia (Foto: Flickr)

DI Italia, meminum kopi merupakan persoalan serius. Ada tata cara tertentu yang harus dilakukan ketika hendak menyeruput minuman berwarna hitam itu, terutama saat hendak meminum espresso.

Ibaratnya, minuman ini layaknya sebuah 'agama', sehingga harus diperlakukan khusus. Hal ini juga diakui oleh Luca Di Pietro, pemilik coffee shop ternama di New York, Amerika. Menurutnya, penduduk asli Italia memang menganggap serius semua hal yang berkaitan dengan kopi

Dilansir dari Travel and Leisure, Jumat (2/12/2016), berikut 4 cara menikmati espresso seperti penduduk asli Italia.

Pahami

Menurut Di Pietro, secangkir espresso seharusnya tidak memiliki rasa yang terlalu pahit, hingga membuat jantung berdebar-debar. Oleh karenanya, sebelum Anda meminum secangkir espresso, pahamilah terlebih dahulu karakter biji kopi dan proses ekstraksinya.

Minum dengan cepat

"Espresso yang sempurna harus diolah secara cepat, begitu pula saat Anda meminumnya. Minumlah minuman tersebut secara langsung," kata Di Pietro. Ia menambahkan bahwa, espresso harus diminum selagi crema masih terlihat di permukaan cangkir. Crema sendiri merupakan emulsi krim minyak kopi yang berfungsi untuk melindungi aroma espresso agar tetap terjaga.

Jangan tambahkan susu

Jika Anda menambahkan susu pada espresso, itu akan menjadikannya machiatto espresso. Minuman ini tidak boleh diminum setelah pukul 11.00. Selain itu, Di Pietro juga tidak menganjurkan untuk menambahkan minuman beralkohol ke dalam espresso Anda, atau lebih dikenal dengan coretto caffe.

Jangan minum espresso setelah menyantap sarapan

Anda dapat meminum espresso kapan pun Anda mau. Tetapi, di Italia meminum espresso harus dilakukan sebelum pukul 11.00. "Jika Anda mengonsumsinya setelah pukul 11.00 pagi, orang-orang akan melihat Anda dengan tatapan aneh," pungkasnya.

(ndr)
Berita Rekomendasi Kopi Espresso

Baca Juga

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland