Bakmi di Indonesia Awalnya dari Solo?

Bakmi di Indonesia Awalnya dari Solo?

Bakmi di Indonesia awalnya dari Solo (Foto:Google)

MENDENGAR kata bakmi pasti langsung terbayang semangkuk mi dengan taburan ayam di atasnya. Tapi tahukah Anda dari mana asalnya bakmi?

Bakmi merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Bakmi dipercaya berasal dari China yang memang dikenal sebagai makanan yang melambangkan panjang umur. Namun ada pendapat lain seputar asal muasal bakmi.

Ditemui di Jakarta, Tirta Lie, penikmat bakmi yang telah menyantap lebih dari 1.000 jenis mi mengatakan beberapa orang percaya bakmi di Indonesia datang dari Solo. "Kalau dirunut datangnya bakmi orang banyak mikirnya ke Solo. Kalau ke Solo banyak penjual bakmi di pinggir-pinggir jalan, banyak banget," kata pria ramah yang akrab disapa Koko Tirta ini.

 

Tirta juga lanjut menjelaskan bakmi klasik hanya berupa mi dengan topping ayam. Semakin ke sini banyak orang bermain kreasi dengan topping bakmi yang beragam.

"Awalnya cuma pakai ayam tapi sekarang banyak yang berkreasi, apalagi kalau pengusahanya anak-anak muda," lanjut Tirta yang juga pemecah rekor MURI makan mi terbanyak ini..

Bakmi memang termasuk makanan yang cukup populer di Indonesia, beberapa daerah bahkan memiliki ciri khas bakmi yang punya ciri khas sendiri.

Mengenali lezatnya tidaknya seporsi mi

Saat satu orang mengatakan makanan enak, belum tentu itu enak juga buat Anda. Tapi khusus untuk menilai bakmi enak atau tidak, ada tiga hal yang bisa jadi patokan, apa saja itu?

(ndr)
1 / 2

Baca Juga

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah

Simak, Cara Praktis Membuat Sushi di Rumah