Selain Jaket dan Sleeping Bag, Ini Barang Pribadi Wajib untuk Naik Gunung

Selain Jaket dan Sleeping Bag, Ini Barang Pribadi Wajib untuk Naik Gunung

Ilustrasi Naik Gunung (foto: Shutterstock)

SEKALIPUN pergi dengan kelompok besar, ketika hendak mendaki gunung setiap pendaki harus mempersiapkan barang pribadi untuk bertahan hidup di alam liar.

Meski Anda bisa membagi barang-barang dengan teman Anda, jangan biarkan barang-barang wajib seperti dilansir dari Travelandleisure berikut ini jauh dari Anda.

Emergency blanket

Meski jaket utama untuk mencegah dingin, Anda perlu menyimpan selimut berbahan aluminium foil ini untuk membantu menghangatkan badan. Selain itu, selimut tipis ini juga bisa digunakan untuk memberi alas duduk atau tidur di permukaan yang lengket.

Obat-obatan pribadi dan P3K

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang memerlukan obat khusus, jangan pernah lupa untuk membawa obat Anda setiap akan pergi mendaki. Selain itu, masukkan juga obat-obatan berguna bersama perlengkapan P3K dasar dalam kotak atau dompet yang praktis.

Lampu senter atau headlamp

Benda ini juga merupakan benda wajib yang harus dibawa. Sumber cahaya akan sangat dibutuhkan untuk pendakian malam atau bahkan pendakian di siang hari melalui hutan lebat. Pastikan senter atau headlamp berfungsi dan memiliki cadangan baterai.

Camilan ekstra

Dalam pendakian gunung berkelompok biasanya satu orang dilimpahkan kewajiban membawa kebutuhan logistik kelompok. Tapi jangan manfaatkan teman Anda untuk membawa camilan atau makanan pribadi Anda. Simpan beberapa snack sendiri untuk keadaan darurat lapar.

Tisu pembersih

Tisu kering hanya bisa mengelap keringat atau basahan oleh air. Namun, tisu khusus pembersih seperti tisu basah penting untuk membersihkan noda dan debu, juga kuman berbahaya yang sangat bisa Anda dapatkan ketika pergi ke alam liar. Demikian seperti dilansir travelandleisure, Kamis (1/12/2016).

(fid)

Baca Juga

Jangan Heran, Mendengarkan Lagu di Mana Saja saat Liburan di Jepang

Jangan Heran, Mendengarkan Lagu di Mana Saja saat Liburan di Jepang